JARINGAN KOMPUTER

JARINGAN KOMPUTER



1.   Pengenalan Jaringan
A. Prinsip dasar jaringan komputer
      Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang dihubungkan satu dengan lainnya dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi atau komunikasi sehingga dapat saling berbagi data / informasi, program-program, penggunaan bersama perangakat keras (seperti printer, hard disk, dsb).
      Prinsip dasar dalam sistem jaringan komputer adalah proses pengiriman data atau informasi dari pengirim ke penerima melalui suatu media komunikasi tertentu.Sedangkan tujuan utama dibangunnya suatu jaringan komputer adalah untuk membawa data/informasi dari pengirim menuju penerima secara cepat dan tepat tanpa adanya kesalahan melalui media transmisi atau media komunikasi tertentu.
     
B. Manfaat jaringan komputer
1. Berbagi pemakaian peralatan dan sumber daya secara bersama-sama.
2. Komunikasi
3. Pemrosesan Terpusat (Tererdistribusi)
4. Keamanan data

C. Model koneksi dalam jaringan
Ada dua model koneksi dalam jaringan yaitu :
1)Peer to peer
Sistem operasi jaringan model peer to peer memungkinkan seorang user membagi sumber dayanya yang ada dikomputernya, baik itu file data, printer, dll dan mengakses sumber data pada komputer lain.Model ini tidak mempunyai sebuah file server atau sumber daya yang terpusat, seluruh komputer mempunyai kemampuan yang sama untuk memakai sumber daya yang tersedia di jaringan.
Kelebihan model jaringan peer to peer antara lain :
1. Tidak terlalu mahal, karena tidak membutuhkan suatu PC yang sepenuhnya berfungsi sebagai   server.
2. Mudah dalam instalasi programnya.
Kekurangan model jaringan peer to peer :
1. Tidak terpusat, terutama untuk menyimpan data dan aplikasi
2. Tidak aman, karena tidak terdapat fasilitas pengamanan server.

2)  Client-Server
Sistem operasi jaringan Client Server memungkinkan jaringan untuk mensentralisasi fungsi dan aplikasi kepada satu atau dua dedicated file server. Sebuah file server menjadi jantung dari keseluruhan sistem, memungkinkan untuk mengakses sumber daya, dan menyediakan keamanan. Workstation-workstation dapat mengambil sumber daya yang ada pada file server.
Kelebihan model jaringan client-server adalah :
1. Terpusat
2. Sumber daya dan keamanan data dikontrol melalui server.
3. Teknologi baru dengan mudah terintegrasi kedalam sistem
4. Keseluruhan komponen dapat bekerjasama (client dan server).
Kekurangan model jaringan client-server adalah :
1. Biaya pengadaan dan operasionalnya mahal
2. Membutuhkan investasi untuk dedicated server
3. Jaringan besar membutuhkan staf ahli sehingga sistem dapat berjalan secara efesien
4. Ketergantungan antar komputer relatif tinggi.
5. Ketika server drop, keseluruhan operasi pada network akan terganggu.

D. Area jaringan komputer
      Bedasarkan jangkauan area jaringan dan luasan segmen jaringan yang dibangun maka suatu jaringan komputer dapat digolongan menjadi  3 kelompok yaitu :
1) Local Area Network (LAN)
Yang termasuk dalam kelompok jaringan ini adalah jika komputer-komputer yang terhubung berada dalam ruangan-ruangan dalam satu gedung.
2) Metropolitan Area Network (MAN)
Yang termasuk dalam kelompok MAN adalah jika komputer-komputer yang terhubung berada pada satu gedung dengan gedung yang lain tapi masih dalam satu kota.
3) Wide Area Network (WAN)
WAN merupakan pengembangan dari MAN, sehingga komputer-komputer yang terhubung berada pada gedung-gedung yang berada pada kota yang berbeda bahkan berbeda Negara.
Pembangunan WAN melibatkan teknologi telekomunikasi canggih seperti satelit dan gelombang eletronik lainnya. Terciptanya teknologi VSAT dan ISDN dapat menjamin kualitas trasmisi dan informasi jarak jauh yang tidak dimungkinkan dengan sistem pengkabelan biasa.
a. Very Small Aperture Terminal (VSAT)
VSAT disebut juga dengan Stasiun Bumi Mikro (SBM) merupakan antenna stasiun bumi yang kecil. Kemampuan VSAT memang lebih kecil dibandingkan kemampuan satelit yang sesungguhanya namun VSAT sangat murah dibandingkan stasiun bumi umumnya.
Jaringan komunikasi VSAT terdiri atas 4 komponen pokok yaitu satelit (Indonesia-Palapa B1, C1), hub station (stasiun pengendali utama), VSAT, dan PES. Keuntungan VSAT antara lain:
* Dapat menjangkau daerah yang luas (nasional, regional, dan internasional) karena melalui  satelit.
* Dapat dipasang dimana saja (tidak memakan tempat)
* Tingkat keamanan tinggi
* Ekonomis (perangkat dan biaya pemakaina murah)
b.  Integrated Services Digital Network (ISDN)
Tujuan diciptakannya ISDN adalah untuk meyeragamkan pemakaian jaringan digital dan teknologi switching untuk mengirimkan voice (suara) dan data digital secara bersamaan seperti teletex/telex, videotext, telepon, dll. Di Indonesia penerapan ISDN dikontrol oleh Indosat dan Telkom.
Keuntungan ISDN bagi user dengan menyewa satu saluran user dapat menikmati berbagai fasilitas pelayanan transmisi data suara maupun data digital, seperti teletext (peralatan yang memberi layanan informasi melalui channel TV), Facsimile (peralatan untuk transmisi grafis, naskah melalui saluran telpon), videotext (peralatan untuk transmisi data gambar melalui terminal khusus).


2.   Komponen Pembentuk Jaringan
    A.   Komponen perangkat keras
1. Media transmisi, merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer  atau peripheral lainnya. Media ini juga berfungsi sebagai distribusi informasi. Media transmisi meliputi berbagai macam bentuk kabel yaitu Coaxial, UTP (Unshielded Twisted Pair), STP (Shielded Twisted Pair), Serat optik.
2. Network Interface Card (NIC), merupakan komponen logika termasuk perangkat keras, perangkat lunak, dan tata cara pengontrolan transmisi data. Contoh dari NIC adalah ARCnet dan Ethernet.
3. Konektor, merupakan peripheral yang menghubungkan media transmisi (kabel) dengan NIC.
Contoh konektor adalah T-Connector, RJ 11 & RJ 45, Duplex style connector atau Epoxy connector.
4. Hub, merupakan media yang akan menerima data dai semua port yang terhubung dan secara otomatis mentransmit data keseluruh port lainnya.
5. Modem, merupakan singkatan dari Modulator Demulator. Pada sisi pengirim modem berfungsi untuk menerjemahkan data dalam bentuk sinyal digital menjadi sinyal analog. Sedangkan sisi penerima modem berfungsi untuk memisahkan data dari frekuensi pembawa dan menerjemahkan data dalam bentuk sinyal analog menjadi sinyal digital

B. Komponen perangkat lunak
Komponen perangkat lunak meliputi sistem operasi jaringan (Network Operating System _ NOS) dan aplikasi. Sistem operasi jaringan merupakan komponen yang penting dalam membangun suatu jaringan karena sistem operasi jaringan berfungsi sebagai pembentuk pola operasi jaringan. Untuk model jaringan peer to peer sistem operasi yang digunakan adalah windows 9X, windows Me, dan novell) sedangkan untuk model jaringan Client Server SO yang digunakan adalah Novell Netaware 3.x, windows NT, 2000 server, Unix, Linux).

3.   Topologi
Topologi jaringan komputer adalah pola hubungan antarterminal dalam suatu jaringan komputer. Ada 4 macam topologi yang kenal :
1. Topologi bus
Pada topologi bus semua terminal terhubung dengan jalur komunikasi. Setipa informasi yang dikirim diperiksa alamatnya oleh terminal yang dilewati. Jika bukan untuknya, informasi akan dilewatkan sampai menemukan alamat yang benar.
2. Topologi Star
Dalam topologi Star, sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi data yang terjadi.
3. Topologi Ring
Topologi ini mirip dengan topologi bus tetapi ke-2 teminal yang berada diujung saling dihubungkan sehingga menyerupai lingkaran. Setiap terminal dalam jaringan saling tergantung sehingga jika terjadi kerusakan pada salah satu terminal maka seluruh jaringan akan terganggu.
4. Topologi Tree
Pada topologi ini hanya ditemui pada jaringan berskala besar karena penambahan terminal tidak mengganggu kinerja seluruh sistem



Pertemuan ke-3 : POST TEST

4.   Media Transmisi Kabel
Untuk menghubungkan satu terminal dengan terminal yang lain, antara terminal dengan server atau antara satu terminal dengan suatu peripheral, maka dibutuhkan suatu media transmisi. Media transmisi ini akan mengalirkan sinyal atau gelombang elektromagnetik. Jadi, media transmisi ini akan berfungsi sebagai jalur lintas data dan distribusi informasi.
Tanpa medium ini, masing-masing peralatan tidak dapat saling terhubung satu sama lain dan tidak terjadi aliran data apa pun. Beberapa media transmisi dapat digunakan sebagai jalur transmisi, baik berupa kabel ataupun radiasi elektromagnetik (dapat berupa mikrogelombang, satelit, infra merah, dan sinar laser).
Bila sumber data dan penerima jaraknya tidak terlalu jauh dan dalam area lokal, maka dapat digunakan kabel sebagai media transmisinya. Kabel yang sering digunakan adalah jenis Unshielded Twisted Pair (UTP), Coaxial, atau serat optik (Fibre Optic).
4.1   UTP (Unshielded Twisted Pair)
Merupakan kabel jaringan yang paling banyak digunakan karena kemudahan yang ditawarkan, yaitu kemudahan pengembangan jumlah client tanpa mengganggu sistem komunikasi atau tanpa harus mematikan server. UTP terdiri dari 8 kabel yang saling berulir tiap dua kabel. Sebelum kabel ini digunakan, maka harus dipasang konektor agar dapat dihubungkan dengan peripheral komputer (hub dan NIC).Umumnya kabel ini memakai konektor RJ 45.
4.2   Coaxial
Kabel Coaxial berisi kawat tembaga keras (kaku) sebagai intinya dan sekelilingnya dilapisi dengan kawat penyekat. Untuk menghubungkannya dengan peripheral komputer (hub atau NIC), diperlukan  konektor BNC. Sedangkan untuk mengkoneksikan antar komputer diperlukan T-Connector.
4.3   Serat Optik
FDDI (Fiber Data Distributed Interface) atau yang sering disebut dengan istilah Fiber Optic, menggunakan 2 buah ring. Pertama, primary ring yang digunakan untuk komunikassi data . Kedua, secondary ring yang digunakan sebagai media komunikasi cadangan. Kedua ring ini bertransmisi secara berlawanan (counter rotating). Jenis konektor yang digunakan adalah Duplex Style Connector dan Epoxy Connector.

5. Media Transmisi Tanpa Kabel
Bilamana sumber data dan penerima data jaraknya cukup jauh atau medannya sulit untuk penerapan instalasi kabel sebagai media transmisi jaringan, maka dapat digunakan media transmisi berupa radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka yang dapat berupa mikrogelombang (Microwave), sistem satelit (Satellite System), sinar infra merah atau sistem laser.
      Jaringan dengan media transmisi tanpa kabel ini disebut dengan istilah Wireless. Teknologi wireless ini telah berkembang pesat dalam satu decade terakhir ini, apalagi dengan terciptanya teknologi Very Small Aperture Terminal (VSAT-Stasiun Bumi Makro).
      Jaringan wireless ini sangat bermanfaat untuk mengatasi problem lokasi seperti. Pertama,pembangunan infrastruktur jaringan komputer terpadu antar gedung atau kawasan yang terpisah oleh jarak atau kondisi medan yang tidak dimungkinkan untuk ditarik kabel. Kedua, teknologi ini menjadi solusi bagi para pebisnis yang mobilitasnya tinggi sehingga dimanapun mereka berada dapat melakukan kontak dan mengirimkan data ke perusahaannya. Ketiga, teknologi ini sangat cocok untuk penggunaan sementara waktu diruangan yang tidak bersifat permanent seperti di area pameran. Berikut beberapa teknologi jaringan komputer wireless :
5.1   Gelombang Mikro
Mikrogelombang merupakan gelombang radio frekuensi tinggi yang dipancarkan dari satu stasiun ke stasiun lain. Sifat dari gelombang ini adalah omnidirectional, yaitu menyebar dalam pola lingkaran. Gelombang ini juga dapat dipantulkan oleh benda padat atau menembus benda yang tidak terlalu padat meski akan mengurangi jangkauan gelombang itu sendiri.
5.2   Sistem Satelit
Oleh karena gelombang micro tidak boleh terhalang, sedangkan struktur bumi atau bangunan seperti gunung atau gedung penghalang maka untuk jarak2 yang sangat jauh digunakan sistem satelit. Satelit adalah stasiun yang letaknya diluar angkasa yang akan menerima sinyal yang dikirim dari suatu gelombang mikro di bumi dan mengirimkannya ke stasiun gelombang mikro di belahan bumi lainnya.
5.3   Sinar Infra Merah
Teknologi sinar infra merah biasanya dipakai untuk komunikasi skala kecil, terutama untuk jaringan komputer lokal dalam satu ruang. Sinar infra merah ini banyak digunakan di laboratorium2 penelitian untuk melakukan uji coba perangkat Wireless. Aplikasi teknologi ini sudah sering digunakan seperti pada remote control televisi.Infra merah memiliki sifat line of sight sehingga jika terhalang maka aliran data dan informasi akan terhenti.

Kelemahan Jaringan Wireless
Meski tampak sangat menjanjikan, khususnya dalam menjawab pertanyaan lokasi, jaringan wireless ini memiliki beberapa kelemahan, antara lain kemampuan mentransfer data lebih kecil dari pada jaringan kabel, keamanan data msh belum terjamin karena msh ada kemungkinan penyadapan, sulitnya proses instalasi sehingga dibutuhkan para ahli elektronik dan komputer, jaringan Wireless kurang dipahami oleh masyarakyat sehingga belum banyak SDM yang menguasai teknologi ini, membutuhkan biaya yang besar untuk instalasi.


6   PROTOKOL
6.1    Pengertian
      Protokol merupakan sekumpulan aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi dalam proses transmisi data yang harus dipenuhi oleh pengirim dan penerima agar suatu sesi komunikasi data dapat berlangsung dengan baik dan benar. Selain itu protokol juga merupakan sekumpulan aturan untuk memecahkan masalah-masalah yang khusus yang terjadi antar alat-alat komunikasi agar proses transmisi data dapat terjadi dengan baik dan benar.
Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam protokol antara lain:
a) Syntax, merupakan format data dan cara pengkodean yang digunakan untuk mengkodekan sinyal / tegangan.
b) Semantik, digunakan untuk mengetahui maksud dan mengoreksi informasi yang dikirim.
c) Timing, merupakan pewaktuan yang digunkan untuk mengetahui kecepatan transmisi data.
6.2   Fungsi
Secara umum protokol berfungsi untuk membangun hubungan antara pengirim dan penerima serta menyalurkan informasi dengan keakuratan yang tinggi. Secara rinci fungsi protokol adalah sebagai berikut :
a) Fragmentasi dan reassembly, yaitu membagi-bagi berita dalam bentuk paket-paket pada saat komputer mengirim data dan menggabungkannya lagi setelah data tersebut diterima.
b) Encaptulation, melengkapi paket-paket dengan address, kode koreksi, dll.
c) Connection control, yaitu membangun hubungan komunikasi, melakukan transmisi data, dan mengakhiri hubungan (connection termination)
d) Flow control, fungsi protokol sebagai pengatur perjalanan data
e) Error control, fungsi protokol sebagai pengontrol terjadinya kesalahan dalam komunikasi data.
f) Transmission service, fungsi protokol sebagai pemberi pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan data.
6.3 Susunan Protokol & Standardisasi Protokol
    Protokol jaringan disusun dalam bentuk lapisan-lapisan (layer). Jumlah nama, isi, dan fungsi setiap lapisan tersebut berbeda. Susunan lapisan ini menunjukan tahapan dalam melakukan komunikasi.
       
    Seiring dengan pesatnya pertumbuhan dalam teknologi komputer serta kebutuhan pengolahan data yang terdistribusi, maka para produsen memerlukan suatu standardisasi agar komputer yang diproduksi dapat berkomunikasi dengan komputer yang diproduksi oleh produsen lainnya. Standardisasi ini sangat dibutuhkan dalam industri  komunikasi guna mengatur dan menetapkan karakteristik fisik, elektris, dan prosedur dari komunikasi data.
    Salah satu standar dalam protokol jaringan yang dikembangkan oleh ISO (International Standards Organization) adalah Open System Interconnection (OSI). Model ini dapat diterima oleh banyak pihak sehingga dinyatakan sebagai suatu standar.
    Teknik pada model referensi OSI adalah menggunakan teknik layer (lapisan) dimana setiap lapisan dibedakan menurut fungsi dan proses yang dilakukan. Fungsi-fungsi yang mirip harus dijadikan satu lapisan sehingga tidak tercipta banyak lapisan yang akan mengakibatkan transmisi data menjadi lambat dan tidak efektif. Model referensi OSI ini didefenisikan menjadi tujuh lapisan protokol komunikasi, yaitu:
a) Physical layer, lapisan ini merupakan lapisan pertama dan bertugas untuk mengatur sinkronisasi pengiriman dan penerimaan data, spesifikasi mekanis dan elektris, membangun dan memutuskan hubungan komunikasi. Adapun contoh protokol yang digunakan pada lapisan pertama ini antara lain X21, X21bis, RS232, dsb.
b) Data Link Layer, lapisan ini merupakan lapisan kedua dari model OSI. Fungsi dari lapisan ini antara lain : Pertama, memecah data atau informasi menjadi beberapa frame tertentu yang dilengkapi dengan bit-bit alamat pengirim dan penerima. Kedua mendeteksi kesalahan yang mungkin terjadi saat proses transmisi berlangsung. Ketiga, pada sisi penerima, lapisan ini berfungsi untuk menggabungkan kembali bit-bit yang diterima. Contoh protokol yang digunakan antara lain SDLC (Sychronus Data Link Control), HDLC (High Level Data Link Control).
c) Network layer, lapisan ini merupakan lapisan ketiga dari model OSI. Lapisan ini berfungsi untuk memberikan layanan pengiriman data dengan menentukan rute pengiriman dan mengendalikannya sehingga data dapat sampai ketujuan. Selain itu data/informasi yang berupa pesan2(message) akan dibagi-bagi dlm bentuk paket2 data yg dilengkapi dengan berbagai header tertentu pada setiap paket data tersebut. Adapun contoh protokol yang digunakan pd lpsn ke-3 ini antara lain IP (Internet Protocol) dan X.25.
d) Transmission layer, merupakan lapisan ke-4 dari model OSI. Fungsinya adalah memberikan layanan dalam hal error recovery dan data flow control serta mencari rute kosong untuk proses transmisi data dan informasi. Adapun contoh protokol yang digunakan antara lain TP-NBS dan TCP (Transmission Control Protocol). TCP secara spesifik dirancang untuk menyediakan aliran data dari terminal yang satu ke terminal yang lain dalam suatu inter jaringan.
e) Session layer, lapisan session merupakan lapisan ke-5 dari model OSI. Lapisan ini bertugas untuk menyediakan sarana pembangunan hubungan dan pengontrolan terhadap kerjasama  antar komputer atau program aplikasi yang sedang berkomunikasi. Dalam beberapa standar protokol jaringan, lapisan Session dan lapisan Transport digabung menjadi satu lapisan.
f) Presentation layer, merupakan lapisan ke-6 dari model OSI. Lapisan ini mengatasi masalah perbedaan format penyajian data dengan cara mengonversikan syntax data yang dikirim agar dapat dimengerti oleh penerima. Lapisan ini juga menyediakan fasilitas untuk melakukan kompresi dan enkrisi-dekripsi data agar keamanan data terjamin.
g) Application layer, merupakan lapisan paling atas atau lapisan ke-7 dari model OSI. Bertugas untuk mengatur interaksi antara pengguna komputer dengan program aplikasi yang dipakai.

 
7.   KECEPATAN JARINGAN
7.1   Kecepatan Jaringan Komputer Lokal
Teknologi Jaringan Komputer Lokal berkembang dengan pesat dewasa ini sehingga secara umum Jaringan ini dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori berdasarkan kecepatan transmisi datanya, yaitu :
a)   Low speed PC Network
Kecepatan transmisi data lebih kecil dari 1 Mbps. Biasanya diterapkan untuk percobaan dilaboratorium.
b) Medium Speed Network
Kecepatan transmisi data antara 1-20 Mbps. Biasanya diterapkan untuk lingkungan perkantoran dengan skala kecil sampai menengah.
c)   High Speed Network
Kecepatan transmisi data pada High Speed Network mencapai lebih dari 20 Mbps. Biasanya diterapkan untuk lingkungan perkantoran dengan skala besar yang menempati area gedung bertingkat atau kawasan. Data yang ditransmisikan tidak hanya berupa teks tetapi juga data grafis.
d) Super High Speed Network
Kecepatan data mencapai 1 GBps. Digunakan untuk mendukung transmisi data dilingkungan perkantoran berskala besar dan data yang ditransmisikan meliputi data grafis, audio, dan video.

7.2 Jenis Transmisi
Jenis transmisi sinyal data atau informasi dalam suatu media komunikasi dapat dikelompokan menjadi 2 model, yaitu transmisi paralel dan transmisi serial.
a)   Transmisi Paralel
Pada transmisi paralel, satu konektor yang terdiri dari tujuh atau delapan bit (ASCII) ditransmisikan secara serentak setiap saat. Pengiriman dengan model paralel memiliki kecepatan yang tinggi, karena setiap saat yang ditransmisikan secara paralel adalah bit-bit yang mewakili satu karakter. Komunikasi paralel biasanya digunakan untuk komunikasi jarak dekat, biasanya transmisi jenis ini digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari komputer ke printer.
b) Transmisi Serial
Pengiriman dengan model serial memiliki kecepatan yang lambat, karena masing-masing bit dari suatu karakter dikirimkan secara berurutan, yaitu bit per bit, dimana satu bit diikuti oleh bit berikutnya. Dalam sistem ini, penerima akan mengumpulkan sejumlah bit (untuk sistem ASCII = 8 bit) yang dikirimkan oleh pengirim untuk kemudian dirakit menjadi satu karakter. Meskipun kecepatannya lebih lambat namun transmisi serial paling banyak digunakan karena penggunaan kabel tunggal dinilai lebih murah, resiko kerusakan data saat transmisi rendah.

7.3 Metode Transmisi
Suatu jaringan juga dapat dibedakan berdasarkan metode transmisi yang digunakan dalam proses pengiriman data. Secara umum, metode transmisi yang digunakan adalah teknik pengiriman Baseband dan Broadband.
a) Teknik pengiriman baseband
Pada metode ini data yang berupa sinyal digital langsung dikirim melalui media transmisi satu saluran, seperti kabel tanpa mengalami perubahan apapun. Dengan cara ini, maka jarak transmisi data tergantung pada kualitas media yang digunakan.
b) Teknik pengiriman broadband
Metode ini digunakan untuk mentransmisikan sinyal analog, maka data dalam bentuk sinyal digital harus dimodulasikan lebih dahulu menjadi sinyal analog.
7.4 Satuan Transmisi
Suatu aspek yang penting dalam komunikasi data adalah kecepatan pengiriman data lewat media transmisi. Faktor-faktor yang memegang peranan dalam menentukan kecepatan maksimum, antara lain :
a) Mutu jalur transmisi
b) Panjang sambungan
c) Sifat-sifat elektrikal
d) Jenis modem
Mutu jalur transmisi ditunjukan oleh bandwith-nya. Bandwith menunjukan ukuran kapasitas jalur transmisi yang dinyatakan dalam satuan:
a) Baud (Bd) : kecepatan modulasi
b) Bit per detik (bps) : kecepatan sinyal
c) Karakter per derik (cps) : kecepatan transmisi
Kecepatan modulasi berhubungan dengan lalu lintas dijalur transmisi. Kecepatan elemen informasi dalam jalur transmisi dinyatakan dalam baud (elemen per detik). Satu elemen menyatakan jumlah bit per detik yang dapat ditransmisikan  dalam jalur transmisi.
Contoh perhitungan kecepatan transmisi :
1.   Sebuah terminal start/stop beroperasi dengan kecepatan sinyal yang relatif lambat, yaitu 110 bps. a) Berapa kecepatan modulasinya jika pada kecepatan kecepatan ini digunakan modem yang mentransmisikan setiap bit sebagai satu elemen.
b) Berapa kecepatan transmisinya jika diketahui setiap karakter terdiri dari 11 bit.
2. Suatu terminal sinkron memiliki kecepatan sinyal 2400 bps. Misalnya, diasumsikan lebar baud tidak sesuai untuk mempertahankan kecepatan ini. Oleh karena itu, digunakan modulasi yang menggabungkan dua bit menjadi satu elemen. Tentukan kecepatan modulasinya dan kecepatan transmisinya jika diketahui setiap karakter terdiri dari 8 bit.

8.   PERALATAN INTERJARINGAN
Evolusi dari jaringan komputer lokal terus berkembang baik kemampuan maupun kecepatannya.User disamping ingin mengintegrasikan data dan informasi dalam suatu bagian atau ruang atau segmen jaringan tertentu akhirnya juga menginginkan untuk menggabungkan jaringan komputer lokal tiap-tiap bagian atau ruang atau segmen tersebut menjadi satu kesatuan.
Untuk mengintegrasikan jaringan-jaringan lokal tersebut, dibutuhkan media yang memiliki kemampuan, keamanan, dan kecepatan yang tinggi yang dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja jaringan tersebut.
Masalah yang timbul dalam inter-jaringan adalah bahwa tidak semua segmen jaringan menggunakan protokol-protokol yang sama. Dengan adanya protokol-protokol yang berbeda, maka format paket, prosedur kontrol arus, aturan pengesahan, dan lainnya juga akan berbeda. Akibatnya, ketika paket bergerak dari satu jaringan ke jaringan lain, maka diperlukan konversi.
8.1 Repeater, pada dasarnya merupakan alat yang sederhana yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal yang melewatinya sehingga sinyal data dapat melewati jarak yang lebih jauh lagi. Dua subjaringan yang dihubungkan oleh perangkat ini memiliki protokol yang sama untuk semua lapisan sehingga persoalannya hanya masalah penguatan sinyal data dari terminal pengirim ke  penerima.
8.2 Bridge, adalah jenis perangkat penghubung yang menghubungkan dua segmen jaringan yang protokol lapisan fisiknya berbeda.
8.3 Router, adalah perangkat antara yang dapat digunakan untuk menghubungkan dua jaringan lokal yang mempunyai protokol yang berbeda pada lapisan fisik dan data link.
8.4 Gateway, digunakan untuk interkoneksi jaringan dimana masing-masing jaringan memiliki arsitektur yang sangat berbeda. Jaringan yang dihubungkannya mempunyai protokol yang berbeda mulai dari lapisan hubungan data sampai dengan lapisan aplikasi.

9.   TEKNOLOGI JARINGAN KECEPATAN TINGGI
9.1   Jaringan Backbone
Jaringan Backbone adalah jaringan yang menghubungkan beberapa jaringan lokal yang mempunyai kecepatan yang sangat tinggi.
Teknologi yang digunakan untuk membangun suatu jaringan backbone antara lain :
a) Bridge backbone ring
b) Fiber Distributed Data Interface (FDDI)
c) Asyncronous Transfer Mode (ATM)
Alasan yang mendasari digunakannya jaringan backbone ini antara lain :
a) Semakin meningkatnya kebutuhan interkoneksi antar jaringan lokal yang ada.
b) Meningkatnya kecepatan transfer data khususnya untuk data grafis, video, dan audio, karena kecepatan transfer data FDDI dapat mencapai 100 Mbps.
c) Konsep instalasi dan manajemen jaringan backbone lebih sederhana, tetapi jarak jangkau dapat lebih jauh dan luas.
9.2   Fiber Distributed Data Interface (FDDI)
FDDI memiliki karakteristik antara lain
1. Menggunakan kabel serat optik dengan kecepatan mencapai 100 Mbps
2. Dapat menghubungkan sampai 500 terminal dengan jarak maksimum antar terminal 2 km.
3. Memiliki sifat fault tolerance (ketahanan kegagalan) yang tinggi.
4. Memiliki dua ring counter –rotating yang disebut denga primary ring dan secondary ring. Aliran data berjalan berlawanan arah antara ring primer dengan ring sekunder.
9.4 Fast Ethernet 100 Base T
Memiliki karakteristik :
1. Menggunakan media kabel UTP, STP atau serat optik.
2. Jarak optimum antara dua node kurang dari 220 m, sedangkan jarak optimum antara dua hub kurang dari 10 m.
3. Menggunakan dua jenis hub, yaitu :
a) Shared Hub (single conversation), kecepatan transmisi data dari server dan terminal sama, yaitu 100 Mbps dibagi rata untuk semua port. Jadi, masing-masing port yang ada bersifat dependent.
b) Switched Hub (multiple conversation), kecepatan transmisi data maksimum antara server dan terminal tidak dibagi rata untuk semua port dan dimungkinkan masing-masing port memiliki kecepatan yang berbeda, misalnya 10 atau 100 Mbps. Jadi, masing-masing port bersifat independent.

9.3   Asynchronous Transfer Mode (ATM)
ATM memiliki karakteristik :
1. Kecepatan transfer mencapai 150 Mbps.
2. Digunakan untuk pengiriman data dalam bentuk multimedia (suara & gambar)
3. Setiap informasi harus ditransfer kedalam bentuk sel, dimana sel ATM terdiri dari dua bagian yaitu header yang berisi alamat tujuan dan informasi yang berisi data dalam bentuk sel-sel kecil.
4. Datangnya sel distasiun tujuan terjadi secara berurutan sehingga memudahkan proses penggabungan sel.
9.5 Gigabit Ethernet
Memiliki karakteristik :
1. Kecepatan transfer data mencapai 1 GBps.
2. Menggunakan teknologi Fiber Channel yang diadaptasi untuk tingkat kecepatan data 1000 MBps pada kabel serat optik. Dalam perkembangannya Gigabit Ethernet dapat beroperasi pada kabel UTP  yang dapat mendukung kecepatan transfer data 1 GBps.

10.   PROSEDUR PENGIRIMAN DATA
10.1   Peranan Lapisan Data Link
Untuk membangun hubungan antara 2 terminal dalam satu jaringan, lapisan Data Link memiliki peran yang sangat besar. Lapisan ini bertanggunga jawab dalam prosedur pengiriman data seperti :
a) Membangun hubungan dan mentransmisikan data
b) Pada sisi pengirim, lapisan ini memecah data menjadi frame-frame tertentu yang dilengkapi dengan bit-bit alamat pengirim dan penerima. Pada sisi penerima, berfungsi untuk menggabungakan bit-bit yang diterima.
10.2   Paket Data
Pada saat data akan ditransmisikan, maka data akan dibagi menjadi paket-paket yang kecil. Hal ini dilakukan karena :
a) Jaringan tertentu hanya dapat menerima paket dengan ukuran tertentu
b) Jenis flow control (pengatur perjalanan data) tertentu akan efisien jika berita yang dikirim dibagi dalam paket-paket yang kecil.
10.3   Prosedur Membangun Data
Keterangan :
1. Terminal pengirim mengirimkan paket permintaan hubungan (call request).
2. Terminal penerima dapat menolak panggilan ini dengan mengirimkan paket penolakan (clear request) atau menerimanya dengan mengirimkan paket call accepted.
3. Dengan diterimanya paket call accepted, paket data dapat dikirimkan.
4. Jika ada kesalahan dalam pengiriman data, maka penerima akan mengirim paket NACK, tetapi jika tidak ada kesalahan, maka penerima akan mengirimkan paket ACK.
5. Jika ada terminal yang mengakhiri hubungan, maka terminal tersebut akan mengirimkan paket clear request dan terminal yang menerima pesan tersebut akan mengirimkan paket balasan konfirmasi pemutusan hubungan (clear confirmation).


Pada lapisan data link ada tiga buah protokol pengiriman data, yaitu :
1. Stop and Wait ARQ, setiap paket yang diterima oleh penerima harus diberi jawaban ACK atau NACK. Keuntungan dari protokol ini adalah kesederhanaan proses dalam memperkecil terjadinya kesalahan. Kelemahannya adalah waktu tunggu yang lama sehingga kurang efisien terutama untuk data dalam jumlah besar.
2. Go-back-N-ARQ, penerima hanya cukup mengirim pesan NACK bila ada kesalahan pengiriman. Pesan NACK tersebut harus dilengkapi dengan nomor paket yang akan mulai diulang pengirimannya. Kelebihan dari model ini adalah dapat menekan adanya waktu tunda karena sinyal balasan hanya diberikan bila terjadi kesalahan dan untuk mengakhiri hubungan saja.
3. Selective-Reject ARQ, cara kerja protokol ini sama dengan protokol Go-Back-N-ARQ, tetapi pengulangan pengiriman hanya dilakukan untuk paket data yang rusak saja sehingga model ini tingkat efisiensinya paling tinggi.


11.   TEKNIK ALIRAN DATA
Dalam sebuah rangkaian jaringan komputer yang kompleks dan besar, komunikasi biasanya dilakukan dengan cara melakukan transmisi data melalui simpul-simpul jaringan yang diwakili oleh media interjaringan (router, switch).Simpul-simpul tersebut berfungsi untuk memindahkan data dari simpul yang satu ke simpul yang lain hingga paket data sampai tujuan.
Salah satu layanan dari simpul-simpul tersebut adalah mencari rute untuk jalur transmisi paket data dari komputer pengirim ke komputer penerima. Dalam sebagian subjaringan, paket-paket data akan memerlukan banyak lompatan dalam melakukan perjalanan. Untuk menentukan rute mana yang akan menjadi jalur transmisi paket diperlukan algoritma pencari jalan (routing algoritma). Dua teknik algoritma dalam menentukan rute aliran data adalah :
11.1   Teknik Datagram
Datagram  merupakan paket yang dikirimkan melalui jaringan dan sifatnya bebas dari paket lain yang berkaitan dengan transaksi yang sama. Paket-paket data dapat sampai ketujuan melalui rute yang berbeda sehingga ada paket data yang tidak berurutan sampai ketujuan.
11.2   Teknik Rangkaian Virtual
Rangkaian virtual adalah hubungan logik antara pengirim dan penerima. Sebelum melakukan proses transmisi data, terlebih dahulu dilakukan pemanggilan virtual dari pengirim ke penerima. Setelah rute virtual terbentuk paket data mulai dikirimkan hingga paket data yang terakhir.


12.   METODE AKSES
12.1  Standar Protokol IE

Belum ada Komentar untuk "JARINGAN KOMPUTER"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel