Soal Prediksi 3, Un 2019 Teori Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan
Soal Prediksi 3, Un 2019 Teori Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan
1. | Posisi pemasangan ring gear adalah dibautkan pada ? | |
A | Differential housing | |
B | Axle shaft | |
C | Differential case | |
D | Conters shaft | |
E | A, b dan c benar |
2. | Nama komponen gambar B di samping adalah: | |
A | Ring gear | |
B | Drive pinion | |
C | Differential gear | |
D | Front | |
E | Final gear |
3. | Nama komponen gambar A di samping adalah: | |
A | Ring gear | |
B | Drive pinion | |
C | Differential gear | |
D | Front | |
E | Final gear |
4. | Fungsi suspensi adalah seperti dibawah ini, kecuali | |
A | Menghantarkan gerakan roda dari kendaraan ke jalan | |
B | Mengabsorsi dan meredam getaran bodi akibat kondisi jalan | |
C | Menghantarkan gerakan roda dari kendaraan ke jalan | |
D | Mengabsorsi dan meredam getaran bodi akibat kondisi jalan | |
E | supaya kendaraan yang dikendarai dapat berjalan dengan maju dan mundur sehingga kenyamanan dan keamanan terjamin |
5. | Keuntungan suspensi independen dibanding suspensi aksel rigid adalah sebagai berikut, kecuali | |
A | Gerakan salah satu roda tidak mempengaruhi roda yang lain | |
B | Membutuhkan sedikit tempat | |
C | Titik berat kendaraan dapat lebih rendah, sehingga aman dan nyaman untuk kendaraan | |
D | Daya pemegasan dapat lebih lembut | |
E | Sebagai penghubung antara roda dengan chasis atau bodi kendaraan |
6. | Pernyataan dibawah ini penyebab kopling bergetar adalah sebagai berikut, kecuali.. | |
A | Pegas kopling lemah. | |
B | Drag lager lemah. | |
C | Kontak permukaan disc rusak | |
D | Clutch disc habis | |
E | Torsion rubber |
7. | Dibawah ini adalah komponen-komponen pengoperasian kopling sistem hidrolik, kecuali | |
A | Master silinder kopling | |
B | Silinder kopling | |
C | Pipa hidrolik | |
D | Pegas pengendali pedal kopling | |
E | Pedal kopling |
8. | Sebutkan type gigi kemudi seperti gambar di bawah | |
A | Bola bersirkulasi | |
B | Roll dan cacing | |
C | mur baut bersirkulasi | |
D | rak dan pinion | |
E | Nut and worm |
9. | Nama bagian-bagiannya Gigi kemudi type rak dan pinion a. | |
A | 1.Baut penyetel 2 Pinion 3Rack.. 4Rack end5. Unit gigi kemudi 6. Tie rod end | |
B | 1. Baut penyetel 2 Pinion 3Rack.. 4Rack end.5 Tie rod end 6.Unit gigi kemudi | |
C | 1. Baut penyetel 2 Pinion 3Rack..4. Tie rod end 5.Rack end.6.Unit gigi kemudi | |
D | 1.Pinion 2.Rack..3.Rack end.4.Unit gigi kemudi 5.Tie rod end. 6. Baut penyetel | |
E | 1.Rack.. 2.Rack end3.Unit gigi kemudi 4. Tie rod end. 5.Baut penyetel 6.Pinion |
10. | Berapakah hasil pembacaan dari jangka sorong tersebut ? | |
A | 10,2 mm | |
B | 10,3 mm | |
C | 11 mm | |
D | 12 mm | |
E | 12,8 mm |
11. | Motor diesel menggunakan bahan bakar di bawah ini untuk pembangkit dayanya, : | |
A | Avture | |
B | Solar | |
C | Bensin | |
D | Gas | |
E | LPG |
12. | Pembakaran pada motor diesel terjadi pada saat posisi piston : | |
A | Awal langkah kompresi | |
B | Awal langkah isap | |
C | Akhir langkah kompresi | |
D | Akhir langkah isap | |
E | Awal langkah buang |
13. | Komponen untuk memasukkan bahan bakar diesel ke dalam ruang pembakaran adalah dengan : | |
A | Injektor (Nosel) | |
B | Pompa injeksi (Injection pump) | |
C | Pompa pemberi (Feed pump) | |
D | Karburator | |
E | Katup penyalur (Delivery valve) |
14. | Berikut adalah fungsi dari priming pump : | |
A | Menekan bahan bakar ke dalam ruang bakar | |
B | Mengembalikan sisa kelebihan bahan bakar ke tanki bahan bakar | |
C | Menekan udara dari pompa injeksi ke dalam ruang pembakaran | |
D | Menekan udara dari system bahan bakar agar keluar pada saat mesin mati | |
E | Menekan udara dari system bahan bakar agar keluar pada saat mesin hidup |
15. | Motor diesel yang dilengkapi dengan busi pijar (Glow plug) tergolong dalam : | |
A | Motor diesel putaran tinggi | |
B | Motor diesel putaran rendah | |
C | Motor diesel injeksi langsung | |
D | Motor diesel injeksi tidak langsung | |
E | Motor diesel 4 tak |
16. | Terjadinya pembakaran dalam motor diesel disebabkan oleh : | |
A | Percikan api pada busi (spark plug) | |
B | Percikan api pada busi pijar (glow plug) | |
C | Semprotan bahan bakar oleh nosel | |
D | Udara yang dihisap ke dalam silinder saat langkah hisap piston | |
E | Tekanan udara saat kompresi yang mampu membakar bahan bakar saat diinjeksikan |
17. | Katup penyalur (delivery valve) dalam system bahan bakar diesel difungsikan untuk : | |
A | Mencegah turunnya tekanan bahan bakar di belakang nosel pada saat akhir injeksi | |
B | Mencegah tetesan bahan bakar pada nosel pada saat akhir injeksi | |
C | Mengatur tekanan injeksi pompa | |
D | Mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan | |
E | Menyalurkan bahan bakar dari nosel ke dalam ruang pembakaran |
18. | Governor sentrifugal pada pompa injeksi berfungsi untuk | |
A | Mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan | |
B | Menaikan putaran motor | |
C | Mengendalikan putaran motor agar stabil pada setiap tingkat putaran | |
D | Menurunkan putaran motor | |
E | Mamajukan saat injeksi bahan bakar |
19. | Controll rack pada pompa injeksi in line bergeser untuk menggerakkan : | |
A | Barell agar berputar | |
B | Barell agar naik atau turun | |
C | Plunger pompa agar naik atau turun | |
D | Plunger agar berputar | |
E | Rack pinion agar barell berputar |
20. | Pompa injeksi tipe rotary (distributor) VE menggunakan plunger : | |
A | Single untuk melayani multi silinder | |
B | Single untuk melayani mono silinder | |
C | Multi untuk melayani multi silinder | |
D | Multi untuk melayani mono silinder | |
E | Double untuk melayani multi silinder |
21. | Yang berfungsi sama dengan poros nok (cam shaft) pompa injeksi in line, pada pompa rotary VE adalah: | |
A | Poros pemutar (drive shaft) | |
B | Cincin pembocor (spill ring) | |
C | Lubang pembocor (spill port) | |
D | Plat pendorong (cam plate) | |
E | Tappet (lifter) |
22. | Pengatur jumlah bahan bakar yang dinjeksikan oleh pompa injeksi rotary dilakukan oleh : | |
A | Feed pump | |
B | Feed hole | |
C | Spill ring dan spill port | |
D | Controll grove | |
E | Controll sleeve |
23. | Untuk mematikan aliran bahan bakar dari fuel chamber (rotary type) ke suction port, kunci kontak (switch) di off kan, dengan tujuan : | |
A | Feed pump berhenti berputar | |
B | Drive shaft berhenti berputar | |
C | Plunger berhenti berputar | |
D | Cam plate berhenti berputar | |
E | Fuel cut off solienoid menutup saluran |
24. | Governor unit yang dipakai pada pompa rotary adalah : | |
A | Tipe vacuum | |
B | Tipe kombinasi vacuum dan centrifugal | |
C | Tipe centrifugal | |
D | Tipe hidroulic | |
E | Tipe phneumatic |
25. | Cara kerja Automatic timer pompa injeksi rotary tipe VE berdasarkan : | |
A | Kevacuuman intake manifold | |
B | Centrifugal weight governor | |
C | Tekanan hidroulic bahan bakar dalam fuel chamber | |
D | Phneumatic pompa | |
E | Jumlah bahan bakar dalam system |
26. | Bila tuas gas pada pompa rotary ditarik, maka yang berubah adalah : | |
A | Plunger lebih maju | |
B | Plunger jadi mundur | |
C | Spill ring bergerak mundur | |
D | Spill ring tidak bergerak | |
E | Spill ring bergerak maju |
27. | Bila spill ring digeser maju, maka yang terjadi adalah : | |
A | Tidak terjadi perubahan apapun pada system pemompaan | |
B | Pemompaan jumlah bahan bakar menjadi berkurang | |
C | Pemompaan jumlah bahan bakar tetap | |
D | Pemompaan jumlah bahan bakar bertambah | |
E | Pemompaan jumlah bahan bakar tidak ada |
28. | Bila piston automatic timer bergeser (VE type) , maka yang berubah adalah : | |
A | Cam plate berputar lebih cepat | |
B | Cam plate berputar lebih lambat | |
C | Roller pendorong cam plate bergerak mundur | |
D | Roller pendorong cam plate bergerak maju | |
E | Panjang langkah injeksi pompa |
29. | Nosel yang memiliki lubang banyak pada ujungnya disebut : | |
A | Tipe throttle | |
B | Tipe Pintle | |
C | Tipe single hole | |
D | Tipe multi hole | |
E | Tipe multi pin |
30. | Tekanan pengabutan nosel tipe multi hole adalah : | |
A | Sama besar dengan tipe single hole | |
B | Sama besar dengan tipe pintle | |
C | Sama besar dengan tipe throttle | |
D | Lebih rendah dari tipe single hole | |
E | Lebih besar dari tipe single hole |
31. | Untuk memperbaiki mutu pengabutan menjadi lebih halus, maka dilakukan dengan jalan : | |
A | Menambah lubang pada ujung nosel | |
B | Menaikan tekanan pengabutan | |
C | Menurun tekanan pengabutan | |
D | Mengganti jenis bahan bakarnya | |
E | Mengganti nosel |
32. | Dengan mengeraskan buat pengatur tekanan nosel, mengakibatkan : | |
A | Panjang nosel menjadi berkurang | |
B | Pegas penekan jarum nosel menjadi lebih lemah | |
C | Panjang nosel menjadi bertambah | |
D | Pegas penekan jarum nosel menjadi lebih pendek | |
E | Tekanan pengabutan menjadi lebih rendah |
33. | Menetesnya bahan bakar di ujung nosel pada akhir injeksi disebabkan oleh : | |
A | Bahan bakar yang tidak sesuai | |
B | Tekanan pompa injeksi terlalu tinggi | |
C | Tekanan pompa injeksi terlalu rendah | |
D | Lubang nosel tersumbat | |
E | Pegas penekan jarum nosel lemah |
34. | Nosel tipe single hole dipasangkan pada : | |
A | Saluran masuk (intake manifold) | |
B | Ruang bakar utama (main combustion chamber) | |
C | Ruang bakar muka (pre combustion chamber) | |
D | Bagian belakang katup hisap | |
E | Bagian belakang katup buang |
35. | Bentuk pengabutan yang baik adalah : | |
A | Mengumpul | |
B | Menyebar dan tidak merata | |
C | Kasar dan dan tidak merata | |
D | Halus dan merata | |
E | Halus dan tidak merata |
36. | Bahan bakar diesel menggunakan solar, karena : | |
A | Solar bersifat lebih mudah terbakar dari pada bensin | |
B | Solar bersifat menghasilkan tenaga lebih besar | |
C | Solar harganya jauh lebih murah | |
D | Asap yang keluar dari knalpot lebih bersih | |
E | Solar bersifat melumasi bagian bagian yang dilewatinya |
37. | Bila udara masuk ke dalam system bahan bakar diesel, mengakibatkan : | |
A | Penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat | |
B | Motor susah hidup, karena udara menghambat aliran bahan bakar | |
C | Motor mudah hidup, karena udara ikut mendorong aliran bahan bakar | |
D | Penggunaan bahan bakar tidak terpengaruh | |
E | Penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros |
38. | Water sedimenter pada system bahan bakar diesel berfungsi : | |
A | Menahan air agar tidak masuk ke dalam system bahan bakar | |
B | Menghilangkan air dalam system bahan bakar | |
C | Memberi isyarat bila dalam system bahan bakar kemasukan air | |
D | Menyaring bahan bakar agar menjadi lebih bersih | |
E | Meningkatkan kualitas bahan bakar |
39. | Glow plug (busi pijar) berfungsi untuk : | |
A | Memercikkan api pembakaran | |
B | Memanaskan ruang bakar utama | |
C | Membakar bahan bakar selama proses pembakaran | |
D | Memanaskan ruang bakar bantu selama proses pembakaran | |
E | Memanaskan ruang bakar bantu selama start dan mesin masih dingin |
40. | Menghidupkan glow plug yang benar adalah : | |
A | Terus menerus selama mesin hidup | |
B | Sesaat saja ( + 15 detik ) sebelum mesin distart | |
C | Selama mesin distart | |
D | Sesaat saja ( + 15 detik ) sebelum mesin dimatikan | |
E | Selama mesin mati, agar suhu kerja mesin terjaga |
Belum ada Komentar untuk "Soal Prediksi 3, Un 2019 Teori Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan"
Posting Komentar