Soal Prediksi 3, Un 2019 Teori Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan
Soal Prediksi 3, Un 2019 Teori Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan
| 1. | Posisi pemasangan ring gear adalah dibautkan pada ? | |
| A | Differential housing | |
| B | Axle shaft | |
| C | Differential case | |
| D | Conters shaft | |
| E | A, b dan c benar | |
| 2. | Nama komponen gambar B di samping adalah:![]() | |
| A | Ring gear | |
| B | Drive pinion | |
| C | Differential gear | |
| D | Front | |
| E | Final gear | |
| 3. | Nama komponen gambar A di samping adalah:![]() | |
| A | Ring gear | |
| B | Drive pinion | |
| C | Differential gear | |
| D | Front | |
| E | Final gear | |
| 4. | Fungsi suspensi adalah seperti dibawah ini, kecuali | |
| A | Menghantarkan gerakan roda dari kendaraan ke jalan | |
| B | Mengabsorsi dan meredam getaran bodi akibat kondisi jalan | |
| C | Menghantarkan gerakan roda dari kendaraan ke jalan | |
| D | Mengabsorsi dan meredam getaran bodi akibat kondisi jalan | |
| E | supaya kendaraan yang dikendarai dapat berjalan dengan maju dan mundur sehingga kenyamanan dan keamanan terjamin | |
| 5. | Keuntungan suspensi independen dibanding suspensi aksel rigid adalah sebagai berikut, kecuali | |
| A | Gerakan salah satu roda tidak mempengaruhi roda yang lain | |
| B | Membutuhkan sedikit tempat | |
| C | Titik berat kendaraan dapat lebih rendah, sehingga aman dan nyaman untuk kendaraan | |
| D | Daya pemegasan dapat lebih lembut | |
| E | Sebagai penghubung antara roda dengan chasis atau bodi kendaraan | |
| 6. | Pernyataan dibawah ini penyebab kopling bergetar adalah sebagai berikut, kecuali.. | |
| A | Pegas kopling lemah. | |
| B | Drag lager lemah. | |
| C | Kontak permukaan disc rusak | |
| D | Clutch disc habis | |
| E | Torsion rubber | |
| 7. | Dibawah ini adalah komponen-komponen pengoperasian kopling sistem hidrolik, kecuali | |
| A | Master silinder kopling | |
| B | Silinder kopling | |
| C | Pipa hidrolik | |
| D | Pegas pengendali pedal kopling | |
| E | Pedal kopling | |
| 8. | Sebutkan type gigi kemudi seperti gambar di bawah | |
| A | Bola bersirkulasi | |
| B | Roll dan cacing | |
| C | mur baut bersirkulasi | |
| D | rak dan pinion | |
| E | Nut and worm | |
| 9. | Nama bagian-bagiannya Gigi kemudi type rak dan pinion a. | |
| A | 1.Baut penyetel 2 Pinion 3Rack.. 4Rack end5. Unit gigi kemudi 6. Tie rod end | |
| B | 1. Baut penyetel 2 Pinion 3Rack.. 4Rack end.5 Tie rod end 6.Unit gigi kemudi | |
| C | 1. Baut penyetel 2 Pinion 3Rack..4. Tie rod end 5.Rack end.6.Unit gigi kemudi | |
| D | 1.Pinion 2.Rack..3.Rack end.4.Unit gigi kemudi 5.Tie rod end. 6. Baut penyetel | |
| E | 1.Rack.. 2.Rack end3.Unit gigi kemudi 4. Tie rod end. 5.Baut penyetel 6.Pinion | |
| 10. | Berapakah hasil pembacaan dari jangka sorong tersebut ?![]() | |
| A | 10,2 mm | |
| B | 10,3 mm | |
| C | 11 mm | |
| D | 12 mm | |
| E | 12,8 mm | |
| 11. | Motor diesel menggunakan bahan bakar di bawah ini untuk pembangkit dayanya, : | |
| A | Avture | |
| B | Solar | |
| C | Bensin | |
| D | Gas | |
| E | LPG | |
| 12. | Pembakaran pada motor diesel terjadi pada saat posisi piston : | |
| A | Awal langkah kompresi | |
| B | Awal langkah isap | |
| C | Akhir langkah kompresi | |
| D | Akhir langkah isap | |
| E | Awal langkah buang | |
| 13. | Komponen untuk memasukkan bahan bakar diesel ke dalam ruang pembakaran adalah dengan : | |
| A | Injektor (Nosel) | |
| B | Pompa injeksi (Injection pump) | |
| C | Pompa pemberi (Feed pump) | |
| D | Karburator | |
| E | Katup penyalur (Delivery valve) | |
| 14. | Berikut adalah fungsi dari priming pump : | |
| A | Menekan bahan bakar ke dalam ruang bakar | |
| B | Mengembalikan sisa kelebihan bahan bakar ke tanki bahan bakar | |
| C | Menekan udara dari pompa injeksi ke dalam ruang pembakaran | |
| D | Menekan udara dari system bahan bakar agar keluar pada saat mesin mati | |
| E | Menekan udara dari system bahan bakar agar keluar pada saat mesin hidup | |
| 15. | Motor diesel yang dilengkapi dengan busi pijar (Glow plug) tergolong dalam : | |
| A | Motor diesel putaran tinggi | |
| B | Motor diesel putaran rendah | |
| C | Motor diesel injeksi langsung | |
| D | Motor diesel injeksi tidak langsung | |
| E | Motor diesel 4 tak | |
| 16. | Terjadinya pembakaran dalam motor diesel disebabkan oleh : | |
| A | Percikan api pada busi (spark plug) | |
| B | Percikan api pada busi pijar (glow plug) | |
| C | Semprotan bahan bakar oleh nosel | |
| D | Udara yang dihisap ke dalam silinder saat langkah hisap piston | |
| E | Tekanan udara saat kompresi yang mampu membakar bahan bakar saat diinjeksikan | |
| 17. | Katup penyalur (delivery valve) dalam system bahan bakar diesel difungsikan untuk : | |
| A | Mencegah turunnya tekanan bahan bakar di belakang nosel pada saat akhir injeksi | |
| B | Mencegah tetesan bahan bakar pada nosel pada saat akhir injeksi | |
| C | Mengatur tekanan injeksi pompa | |
| D | Mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan | |
| E | Menyalurkan bahan bakar dari nosel ke dalam ruang pembakaran | |
| 18. | Governor sentrifugal pada pompa injeksi berfungsi untuk | |
| A | Mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan | |
| B | Menaikan putaran motor | |
| C | Mengendalikan putaran motor agar stabil pada setiap tingkat putaran | |
| D | Menurunkan putaran motor | |
| E | Mamajukan saat injeksi bahan bakar | |
| 19. | Controll rack pada pompa injeksi in line bergeser untuk menggerakkan : | |
| A | Barell agar berputar | |
| B | Barell agar naik atau turun | |
| C | Plunger pompa agar naik atau turun | |
| D | Plunger agar berputar | |
| E | Rack pinion agar barell berputar | |
| 20. | Pompa injeksi tipe rotary (distributor) VE menggunakan plunger : | |
| A | Single untuk melayani multi silinder | |
| B | Single untuk melayani mono silinder | |
| C | Multi untuk melayani multi silinder | |
| D | Multi untuk melayani mono silinder | |
| E | Double untuk melayani multi silinder | |
| 21. | Yang berfungsi sama dengan poros nok (cam shaft) pompa injeksi in line, pada pompa rotary VE adalah: | |
| A | Poros pemutar (drive shaft) | |
| B | Cincin pembocor (spill ring) | |
| C | Lubang pembocor (spill port) | |
| D | Plat pendorong (cam plate) | |
| E | Tappet (lifter) | |
| 22. | Pengatur jumlah bahan bakar yang dinjeksikan oleh pompa injeksi rotary dilakukan oleh : | |
| A | Feed pump | |
| B | Feed hole | |
| C | Spill ring dan spill port | |
| D | Controll grove | |
| E | Controll sleeve | |
| 23. | Untuk mematikan aliran bahan bakar dari fuel chamber (rotary type) ke suction port, kunci kontak (switch) di off kan, dengan tujuan : | |
| A | Feed pump berhenti berputar | |
| B | Drive shaft berhenti berputar | |
| C | Plunger berhenti berputar | |
| D | Cam plate berhenti berputar | |
| E | Fuel cut off solienoid menutup saluran | |
| 24. | Governor unit yang dipakai pada pompa rotary adalah : | |
| A | Tipe vacuum | |
| B | Tipe kombinasi vacuum dan centrifugal | |
| C | Tipe centrifugal | |
| D | Tipe hidroulic | |
| E | Tipe phneumatic | |
| 25. | Cara kerja Automatic timer pompa injeksi rotary tipe VE berdasarkan : | |
| A | Kevacuuman intake manifold | |
| B | Centrifugal weight governor | |
| C | Tekanan hidroulic bahan bakar dalam fuel chamber | |
| D | Phneumatic pompa | |
| E | Jumlah bahan bakar dalam system | |
| 26. | Bila tuas gas pada pompa rotary ditarik, maka yang berubah adalah : | |
| A | Plunger lebih maju | |
| B | Plunger jadi mundur | |
| C | Spill ring bergerak mundur | |
| D | Spill ring tidak bergerak | |
| E | Spill ring bergerak maju | |
| 27. | Bila spill ring digeser maju, maka yang terjadi adalah : | |
| A | Tidak terjadi perubahan apapun pada system pemompaan | |
| B | Pemompaan jumlah bahan bakar menjadi berkurang | |
| C | Pemompaan jumlah bahan bakar tetap | |
| D | Pemompaan jumlah bahan bakar bertambah | |
| E | Pemompaan jumlah bahan bakar tidak ada | |
| 28. | Bila piston automatic timer bergeser (VE type) , maka yang berubah adalah : | |
| A | Cam plate berputar lebih cepat | |
| B | Cam plate berputar lebih lambat | |
| C | Roller pendorong cam plate bergerak mundur | |
| D | Roller pendorong cam plate bergerak maju | |
| E | Panjang langkah injeksi pompa | |
| 29. | Nosel yang memiliki lubang banyak pada ujungnya disebut : | |
| A | Tipe throttle | |
| B | Tipe Pintle | |
| C | Tipe single hole | |
| D | Tipe multi hole | |
| E | Tipe multi pin | |
| 30. | Tekanan pengabutan nosel tipe multi hole adalah : | |
| A | Sama besar dengan tipe single hole | |
| B | Sama besar dengan tipe pintle | |
| C | Sama besar dengan tipe throttle | |
| D | Lebih rendah dari tipe single hole | |
| E | Lebih besar dari tipe single hole | |
| 31. | Untuk memperbaiki mutu pengabutan menjadi lebih halus, maka dilakukan dengan jalan : | |
| A | Menambah lubang pada ujung nosel | |
| B | Menaikan tekanan pengabutan | |
| C | Menurun tekanan pengabutan | |
| D | Mengganti jenis bahan bakarnya | |
| E | Mengganti nosel | |
| 32. | Dengan mengeraskan buat pengatur tekanan nosel, mengakibatkan : | |
| A | Panjang nosel menjadi berkurang | |
| B | Pegas penekan jarum nosel menjadi lebih lemah | |
| C | Panjang nosel menjadi bertambah | |
| D | Pegas penekan jarum nosel menjadi lebih pendek | |
| E | Tekanan pengabutan menjadi lebih rendah | |
| 33. | Menetesnya bahan bakar di ujung nosel pada akhir injeksi disebabkan oleh : | |
| A | Bahan bakar yang tidak sesuai | |
| B | Tekanan pompa injeksi terlalu tinggi | |
| C | Tekanan pompa injeksi terlalu rendah | |
| D | Lubang nosel tersumbat | |
| E | Pegas penekan jarum nosel lemah | |
| 34. | Nosel tipe single hole dipasangkan pada : | |
| A | Saluran masuk (intake manifold) | |
| B | Ruang bakar utama (main combustion chamber) | |
| C | Ruang bakar muka (pre combustion chamber) | |
| D | Bagian belakang katup hisap | |
| E | Bagian belakang katup buang | |
| 35. | Bentuk pengabutan yang baik adalah : | |
| A | Mengumpul | |
| B | Menyebar dan tidak merata | |
| C | Kasar dan dan tidak merata | |
| D | Halus dan merata | |
| E | Halus dan tidak merata | |
| 36. | Bahan bakar diesel menggunakan solar, karena : | |
| A | Solar bersifat lebih mudah terbakar dari pada bensin | |
| B | Solar bersifat menghasilkan tenaga lebih besar | |
| C | Solar harganya jauh lebih murah | |
| D | Asap yang keluar dari knalpot lebih bersih | |
| E | Solar bersifat melumasi bagian bagian yang dilewatinya | |
| 37. | Bila udara masuk ke dalam system bahan bakar diesel, mengakibatkan : | |
| A | Penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat | |
| B | Motor susah hidup, karena udara menghambat aliran bahan bakar | |
| C | Motor mudah hidup, karena udara ikut mendorong aliran bahan bakar | |
| D | Penggunaan bahan bakar tidak terpengaruh | |
| E | Penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros | |
| 38. | Water sedimenter pada system bahan bakar diesel berfungsi : | |
| A | Menahan air agar tidak masuk ke dalam system bahan bakar | |
| B | Menghilangkan air dalam system bahan bakar | |
| C | Memberi isyarat bila dalam system bahan bakar kemasukan air | |
| D | Menyaring bahan bakar agar menjadi lebih bersih | |
| E | Meningkatkan kualitas bahan bakar | |
| 39. | Glow plug (busi pijar) berfungsi untuk : | |
| A | Memercikkan api pembakaran | |
| B | Memanaskan ruang bakar utama | |
| C | Membakar bahan bakar selama proses pembakaran | |
| D | Memanaskan ruang bakar bantu selama proses pembakaran | |
| E | Memanaskan ruang bakar bantu selama start dan mesin masih dingin | |
| 40. | Menghidupkan glow plug yang benar adalah : | |
| A | Terus menerus selama mesin hidup | |
| B | Sesaat saja ( + 15 detik ) sebelum mesin distart | |
| C | Selama mesin distart | |
| D | Sesaat saja ( + 15 detik ) sebelum mesin dimatikan | |
| E | Selama mesin mati, agar suhu kerja mesin terjaga | |



Belum ada Komentar untuk "Soal Prediksi 3, Un 2019 Teori Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan"
Posting Komentar