SILABUS Dasar-Dasar Budidaya Perairan
SILABUS MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan | : | SMK | ||
Kelas/Semester | : | X/1 | ||
Mata Pelajaran | : | Dasar-Dasar Budidaya Perairan | ||
Kompetensi Inti | : | |||
KI 1 | : | Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya | ||
KI 2 | : | Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia | ||
KI 3 | : | Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. | ||
KI 4 | : | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung | ||
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1. Menghayati hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya sebagai bentuk kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya | |||||
3.1. Menganalisis potensi budidaya perairan berdasarkan sumberdaya alam, ekonomi dan sosial | 1. Analisis potensi budidaya perairan berdasarkan salinitas 2. Analisis potensi budidaya perairan berdasarkan habitat 3. Potensi budidaya perairan berdasarkan komoditas 4. Jenis-jenis komoditas dan karakteristik komoditas perairan yang memiliki nilai ekonomis tinggi baik untuk tingkat lokal, regional, maupun internasional 5. Peranan budidaya perairan secara umum (ekonomi, kesehatan, peluang kerja, kesejahteraan, pariwisata, dll) baik tingkat lokal, regional, maupun internasional | Mengamati/Membaca · Mencari informasi tentang luas sungai, danau, rawa, kolam, pantai dan laut di Indonesia yang berpotensi sebagai lokasi budidaya ikan · Mencari informasi tentang produksi jenis-jenis ikan di Indonesia · Mencari informasi tentang jumlah tenaga kerja yang bergerak di bidang perikanan di Indonesia · Mencari informasi tentang jenis-jenis komoditas ekspor perikanan dan peluang ekspor Menanya · Mendiskusikan perkembangan perikanan di Indonesia · Mendiskusikan perkembangan produksi perikanan dan luas wilayah Indonesia · Diskusi potensi perairan Indonesia dan ketercapaian produksi perikanan Mengeksplorasi/ Eksperimen · Diskusi tentang perkembangan konsumsi ikan perkapita dan Produksi Ikan di Indonesia Mengasosiasi · Menganalisis Hubungan produksi Ikan, potensi wilayah dan sumbangan terhadap kesejahteraan masyarakat Mengkomunikasikan · Membuat laporan potensi budidaya perairan berdasarkan sumber daya alam, ekonomi dan sosial berdasarkan wilayah Indonesia | Tugas · Memberikan tugas diskusi dan praktek Observasi · Melakukan pengamatan menggunakan lembar pengamatan hasil diskusi dan percobaan Portofolio · Mengumpulkan Data-data potensi budidaya perairan berdasarkan sumberdaya alam, ekonomi dan sosial Tes · Melakukan tes lisan atau tertulis dalam bentuk pilihan ganda/isian /uraian singkat/B-S/ menjodohkan | 30 JP | Referensi yang relevan dengan materi |
4.1. | |||||
3.2 Menganalisis sistem fisiologis biota air (ikan, kekerangan, krustasea dan rumput laut) | 1. Morfologi dan anatomi biota air 2. Perilaku dan tingkah laku makan biota air 3. Cara dan kebiasaan makan biota air 4. Adaptasi organ terhadap lingkungan 5. Macam-macam sistem pernapasan biota air | Mengamati/Membaca · Mencari informasi tentang morfologi dan anatomi berbagai macam biota air · Mengamati morfologi jenis jenis biota air · Mengamati anatomi jenis jenis biota air · Mencari informasi tentang perilaku dan tingkah laku makan biota air · Mengamati perilaku dan kebiasaan makan biota air · Mengamati sistem pernapasan jenis jenis biota air Menanya · Diskusi perkembangan sistem fisiologis biota air Mengeksplorasi/ Eksperimen · Melakukan percobaan untuk membuktikan hubungan morfologi dan antomi dengan cara dan kebiasaan makan · Melakukan praktikum morfologi dan anatomi berbagai macam biota air · Melakukan percobaan sistem pernafasan biota air Mengasosiasi · Menganalisis hubungan morfologi dan anatomi biota air dengan proses budidaya perairan Mengkomunikasikan · Memprensentasikan /menunjukkan organ morfologi dan antomi serta fungsi masing masing organ · Membuat laporan praktikum | Tugas · Memberikan tugas diskusi dan praktek Observasi · Melakukan pengamatan menggunakan lembar pengamatan hasil diskusi dan praktik tentang morfologi dan anatomi biota air Portofolio · Mengumpulkan hasil diskusi dan praktik tentang fisiologis biota air Tes Melakukan tes lisan atau tertulis dalam bentuk pilihan ganda/isian /uraian singkat/B-S/ menjodohkan | 30 JP | Referensi yang relevan dengan materi |
4.2 Mengidentifikasikan sistem fisiologis biota air (ikan, kekerangan, krustasea dan rumput laut) |
Belum ada Komentar untuk "SILABUS Dasar-Dasar Budidaya Perairan"
Posting Komentar