Soal Pilihan Ganda Sistem AC Mobil
1. Apakah yang dimaksud dengan sistem AC atau air conditioner...........
a. Suatu rangkaian komponen yang berfungsi untuk mendinginkan udara didalam ruangan mobil.
b. Suatu rangkaian komponen yang digunakan untuk mendinginkan mesin mobil.
c. Suatu rangkaian komponen yang digunakan untuk membantu kerja mesin mobil.
d. Suatu rangkaian komponen yang digunakan untuk mengganti fungsi radiator pada mobil.
e. Semua jawaban benar.
2. Dibawah ini adalah fungsi dari air conditioner. kecuali.........
a. Mengontrol temperatur udara.
b. Mengontrol sirkulasi udara.
c. Mengontrol kelembaban udara.
d. Memurnikan udara.
e. Meningkatkan tekanan udara.
3. Fungsi dari kondensor pada sistem AC adalah untuk mendinginkan refrigerant yang bersuhu tinggi karena dikompresikan oleh kompresor. Gambar dari komponen kondensor yaitu.........
4. Perhatikan gambar dibawah ini !
Nama komponen sistem AC diatas adalah.......
a. Blower.
b. Evaporator.
c. Kondensor.
d. Magnetic Clutch.
e. Kompresor.
5. Perhatikan gambar dibawah ini !
Nama komponen AC pada nomer 1 dan 4 adalah .........
a. Magnetic clutch dan kondensor.
b. Ekspansion Valve dan magnetic clutch.
c. Dryer dan kondensor.
d. Dryer dan magnetic clutch.
e. Dryer dan ekspansion valve.
6. Perhatikan gambar dibawah ini !
Nama komponen AC diatas adalah............
a. Magnetic clutch.
b. Evaporator.
c. Kondensor.
d. Dryer.
e. Ekspansion valve.
7. Untuk menambah kenyamanan dalam ruang kendaraan dibutuhan sistem pendinginan, agar zat pendingin yang digunakan sebagai media pendinginan dapat bersirkulasi pada rangkaian sistem AC, maka diperlukan ……….
a. Kondensor.
b. Pipa kapiler.
c. Evaporator.
d. Kompresor.
e. Gelas kaca.
8. Komponen yang berfungsi untuk melepaskan refrigerant yang bertemperatur dan bertekanan rendah adalah ....
a. Kompresor.
b. Expansion valve.
c. Kondensor.
d. Evaporator.
e. Dryer.
9. Fungsi dari magnetic clutch adalah.......
a. Mengkompresikan refrigerant.
b. Mendinginkan refrigerant.
c. Melepas kompresor dengan putaran mesin.
d. Melepas dan menghubungkan kompressor dengan putaran mesin.
e. Menghubungkan kompresor dengan putaran mesin.
10. Komponen sistem AC mobil yang berfungsi mengubah cairan refrigerant tekanan rendah menjadi gas/uap adalah ….
a. Kompresor.
b. Kondensor.
c. Dryer.
d. Evaporator.
e. Expansion valve.
11. Komponen ini berfungsi untuk menampung sementara refrigerant yang mengaalir dan memisahkan kandungan air dalam sistem. Komonen ini dinamakan….
a. Kompresor.
b. Dryer.
c. Evaporator.
d. Kondensor.
e. Katup ekspansi.
12. Komponen yang berfungsi untuk menurunkan tekanan refrigerant adalah .......
a. kompresor
b. expansion valve
c. kondensor
d. evaporator
e. dryer
13. Komponen yang berfungsi untuk menyerap udara panas yang ada disekitar dan digantikan dengan udara yang dingin adalah .....
a. Kompresor.
b. Expansion valve.
c. Kondensor.
d. Evaporator.
e. Dryer.
14. Perhatikan gambar dibawah ini !
Fungsi dari komponen AC diatas adalah...........
a. Menampung refrigerant.
b. Mengabutkan refrigerant.
c. Menyerap panas refrigerant.
d. Mengkompresikan refrigerant.
e. Mengalirkan udara.
15. Berapakah suhu refrigerant sebelum didinginkan oleh kondesor.........
a. 100 C.
b. 90 C.
c. 80 C.
d. 70 C.
e. 60 C.
16. Setelah refrigerant didinginkan didalam kompresor dan berubah wujud dari gas menjadi cair. Suhu refrigerant turun menjdi berapa derajad.........
a. 72 C.
b. 62 C.
c. 57 C.
d. 47 C.
e. 32 C.
17. Lubang keluar dari ekspansion valve sengaja dibuat dengan ukuran yang kecil. Tujuan ukuran lubang keluar pada ekspansion valve dibuat dengan ukuran kecil adalah.........
a. Agar refrigerant mudah dikabutkan.
b. Untuk melancarkan aliran refrigerant.
c. Untuk menghambat aliran refrigerant.
d. Agar refrigerant dapat berubah wujud menjadi cair dengan mudah.
e. Agar refrigerant mengalami penurunan suhu.
18. Bagian dari receifer/dryer yang digunakan untuk melihat keadaan refrigerant adalah..........
a. Pipa pengintai.
b. Gelas kaca (sight glass).
c. Pipa penghubung.
d. Kaca variasi.
e. Pipa kapiler.
19. Yang bukan termasuk fungsi pressure switch adalah .........
a. Mendeteksi bila tekanan pada sisi tekanan tinggi terlalu tinggi.
b. Mematikan magnetic clutch saat posisi tidak normal.
c. Menghentikan kerja kompresor.
d. Menghentikan siklus refrigerant.
e. Memperbesar tekanan di kompresor.
20. Untuk mencegah mesin mati saat sistem AC dinyalakan pada kendaraan, maka pada karburator dilengkapi dengn sistem….
a. Pengaya.
b. Idle up.
c. Pompa akselerasi.
d. Choke.
e. Putaran stasioner
21. Dibawah ini adalah komponen-komponen tambahan pada sisitem AC mobil, kecuali............
a. Pressure switch.
b. Stabilizer putaran mesin.
c. Peralatan idle up.
d. Magnetic clutch.
e. Magnetic Valve.
22. Salah satu alat yang dipasang pada evaporator dan berfungsi sebagai alat pencegah pembekuan. Apakah nama alat tersebut.......
a. Termometer.
b. Termostat.
c. Thermistor.
d. Pressure switch.
e. Dryer.
23. Ada dua jenis alat pencegah pembekuan dalam sistem AC. Apa nama kedua alat tersebut.........
a. Thermistor dan EPR.
b. Thermistor dan kompresor.
c. Kompresor dan EPR.
d. Evaporator dan thermistor.
e. Tidak ada jawaban yang benar.
24. Alat pencegah pembekuan tipe EPR terletak diantara dua komponen. Apa nama kedua komponen tersebut.........
a. Kompresor – kondensor.
b. Evaporator – kompresor.
c. Kompresor – dryer.
d. Dryer – ekspansion valve.
e. Ekspansion valve – evaporator.
25. Letak pressure switch diapit oleh dua komponen AC. Apa nama komponen yang mengapit pressure switch tersebut........
a. Receiver dan expansion valve.
b. Kopresor dan kondensor.
c. Expansion valve dan evaporator.
d. Evaporator dan kompresor.
e. Kondensor dan receifer.
26. Letak magnetic valve diapit oleh dua komponen AC. Apa nama dua komponen AC tersebut..........
a. Dryer dan expansion valve.
b. Kompresor dan evaporator.
c. Kompresor dan kondensor.
d. Kondensor dan dryer.
e. Tidak ada jawaban yang benar.
27. Perhatikan gambar sistem AC mobil di bawah ini!
Kondisi refrigerant pada saluran nomor 3 sampai 4 pada saat mesin hidup adalah....
a. cairan tekanan rendah dan temperatur rendah.
b. gas tekanan rendah dan temperatur rendah.
c. cairan tekanan tinggi dan temperatur tinggi.
d. gas tekanan tinggi dan temperatur tinggi.
e. cairan tekanan rendah dan temperatur tinggi.
28. Mengapa gas refigerant bisa bertemperatur dan bertekanan tinggi..........
a. Karena dekat dengan block silinder.
b. Karena dikompresikan dengan campuran udara.
c. Karena dikompresikan oleh kompresor.
d. Karena terdapat komponen kelistrikan.
e. Karena terdapat sistem pengapian.
29. Apakah akibatnya dari refrigerant bila mengandung air.........
a. Akan mengganggu sirkulasi refrgerant.
b. Akan membantu refrigerant dalam sirkulasi.
c. Dapat memperlancar aliran refrigerant.
d. Refrigerant dapat berumur panjang.
e. Sistem AC terhindar dari kebocoran.
30. Urutan siklus pendinginan pada sistem AC yang benar adalah........
a. Kompresor – evaporator – ekspansion valve – receifer – kondensor.
b. Kompresor – kondensor – receifer – ekspansion valve – evaporator.
c. Ekspansion valve – evaporator – kompresor – kondensor – receifer.
d. Receifer – kondensor – kompresor – evaporator – ekspansion valve.
e. Evaporator – ekspansion valve – receifer – kondensor – kompresor.
31. Fungsi dari manifold gauge adalah..............
a. Melihat tekanan refrigerant.
b. Mengkompresikan refrigerant.
c. Menurunkan tekanan refrigerant.
d. Sebagai filter dalam sistem AC.
e. Menyerap udara panas.
32. Selain berfungsi untuk melihat tekanan refrigerant pada sistem AC. Manifold gauge mempunyai fungsi lain yaitu......
a. Mendeteksi kerusakan pada sistem AC.
b. Mengkompresi refrigerant.
c. Menurunkan tekanan refrigerant.
d. Sebagai filter dalam sisitem AC.
e. Menyerap udara panas.
33. Untuk mengetahui besarnya tekanan pada sistem AC. peralatan servis yang digunakan serta pemasangannya adalah..........
a. Manifold gauge – kondenser.
b. Manifold gauge – kompressor.
c. Manifold gauge - dryer.
d. Manifold gauge – ekspansion valve.
e. Manifold gauge – evaporator.
34. Berikut ini adalah kelebihan dari refrigerant tipe R12, kecuali......
a. Mendidih pada suhu 29,8 oC dalam tekanan atmosfir.
b. Stabil pada temperatur baik tinggi maupun rendah.
c. Tidak menimbulkan reaksi terhadap logam.
d. Dapat larut bila dicampur dengan minyak.
e. Mempengaruhi penipisan ozon.
35. Mengapa oli kompresor sangat dibutuhkan ...........
a. untuk meringankan putaran kompresor.
b. supaya ruangan didalam kabin kendaraan lebih cepat dingin.
c. karena oli kompresor brsirkulasi melalui siklus pendingin dan melumasi bagian-bagian tertentu.
d. supaya putaran kipas pendingin tetap stabil.
e. supaya putaran kipas lebih cepat.
36. Akibat yang akan ditimbulkan apabila sistem AC tidak terdapat oli kompresor adalah.........
a. Proses pendinginan pada ruangan mobil akan lebih cepat.
b. Akan terjadi kerusakan pada komponen-komponen AC mobil.
c. Kerja kompresor menjadi lebih ringan.
d. Sirkulasi refrigerant pada sistem AC menjadi lebih lancar.
e. Terjadi kerusakan pada kipas kondensor.
37. Urutan pengisian refrigerant yang benar adalah..........
a. Pasang selang pada tabung refrigerant - Pemeriksaan kebocoran awal - Pengisian refrigerant dalam bentuk cair - Pengisian lanjutan.
b. Pengisian lanjutan - Pengisian refrigerant dalam bentuk cair - Pemeriksaan kebocoran awal - Pasang selang pada tabung refrigerant.
c. Pasang selang pada tabung refrigerant - Pengisian lanjutan - Pengisian refrigerant dalam bentuk cair - Pemeriksaan kebocoran awal.
d. Pasang selang pada tabung refrigerant - Pemeriksaan kebocoran awal - Pengisian refrigerant dalam bentuk cair.
e. Pasang selang pada tabung refrigerant - Pengisian lanjutan - Pengisian refrigerant dalam bentuk cair.
38. Servis berkala pada kompresor dilakukan setiap kendaraan menempuh jarak kelipatan berapa kilo meter........
a. 100.000 km.
b. 90.000 km.
c. 80.000 km.
d. 70.000 km.
e. 60.000 km.
39. Berapakah jumlah oli pelumas yang harus ditambahkan pada kompresor ketika melakukan servis pada AC mobil.........
a. 30 ml.
b. 40 ml.
c. 50 ml.
d. 60 ml.
e. 70 ml.
40. Penggantian receifer/dryer dengan yang baru dilakukan setiap kendaraan menempuh jarak kelipatan berapa kilo meter...........
a. 40.000 km.
b. 30.000 km.
c. 20.000 km.
d. 10.000 km.
e. 9000 km
41. Pada saat sistem AC kekurangan refrigerant maka ciri-ciri yang ditunjukkan manifold gauge pada pengukur tekanan rendah dan pengukur tekanan tinggi menunjukkan nilai berapa..........
a. 0,8 kg/cm2 dan 8 kg/cm2 .
b. 0,7 kg/cm2 dan 7 kg/cm2 .
c. 0,6 kg/cm2 dan 6 kg/cm2 .
d. 0,5 kg/cm2 dan 5 kg/cm2 .
e. 0,4 kg/cm2 dan 4 kg/cm2 .
42. Salah satu akibat apabila sistem AC kelebihan refrigerant adalah........
a. Pendinginan maksimum.
b. Pendinginan tidak maksimum.
c. Mengakibatkan kebocoran pada sistem AC.
d. Evaporator bekerja lebih maksimum.
e. Jawaban a, b, c dan d benar.
43. Upaya perbaiakan apabila sistem AC kelebihan refrigerant adalah..........
a. Kurangi jumlah refrigerant.
b. Bersihkan kondenser.
c. Periksa kopling fluida kipas radiator, bila rusak ganti.
d. Jawaban a, b dan c benar.
e. Tambahkan refrigerant pada sisitem AC.
44. Didalam evaporator terdapat banyak refrigerant dalam bentuk cair. Merupakan indikasi terjadi kerusakan pada komponen...........
a. Kompresor.
b. Kondensor.
c. Dryer.
d. Ekspansion Valve.
e. Evaporator.
45. Pemeriksaan pada manifold gauge menunjukkan pengukur tekanan rendah terlalu tinggi dan pengukur tekanan tinggi terlalu rendah, merupakan indikasi terjadi kerusakan pada komponen........
a. Evaporator.
b. Kondensor.
c. Dryer.
d. Expansion Valve.
e. Kompresor
46. Pengukur tekanan rendah: 2.5 kg/cm2 dan pengukur tekanan tinggi: 23 kg/cm2 . Merupakan indikasi adanya ..............
a. Debu didalam siklus pendingin.
b. Udara didalam siklus pendingin.
c. Uap air didalam siklus pendingin.
d. Oli pelumas didalam siklus pendingin.
e. Refrigerant berlebihan.
47. Apabila magnetic clutch tidak bisa tertarik maka akan menyebabkan kompresor tidak bisa bekerja karena tidak berputar. Kerusakan pada magnetic clutch ini disebabkan karena..........
a. Wiring putus / tidak menyambung.
b. Kompresor rusak.
c. Kekurangan refrigerant.
d. Kekurangan oli pelumas.
e. Oli pelumas terlalu berlebihan.
48. Apabila terdapat indikasi adanya suara dari kompresor yang terlalu berisik. Indikasi tersebut menandakan bahwa........
a. Kompresor tidak bisa terhubung dengan putaran mesin.
b. Kompresor kelebihan oli.
c. Didalam kompresor terdapat air.
d. Didalam kompresor terdapat udara.
e. Bearing aus atau rusak.
49. Salah satu penyebab terjadinya kebocoran gas refrigerant adalah.......
a. Seal telah aus.
b. Refrigerant berlebihan.
c. Kurangnya oli pelumas.
d. Kompresor telah rusak.
e. Evaporator tidak berfungsi
50. Banyaknya gelembung pada kaca pengintai atau sight glass menunjukkan bahwa........
a. Refrigerant bersirkulasi dengan baik.
b. Sistem AC kelebihan refrigerant.
c. Dryer rusak.
d. Tekanan pada katup penyalur dan isap rendah.
e. Expansion valve tidak bekerja maksimal.
a. Suatu rangkaian komponen yang berfungsi untuk mendinginkan udara didalam ruangan mobil.
b. Suatu rangkaian komponen yang digunakan untuk mendinginkan mesin mobil.
c. Suatu rangkaian komponen yang digunakan untuk membantu kerja mesin mobil.
d. Suatu rangkaian komponen yang digunakan untuk mengganti fungsi radiator pada mobil.
e. Semua jawaban benar.
2. Dibawah ini adalah fungsi dari air conditioner. kecuali.........
a. Mengontrol temperatur udara.
b. Mengontrol sirkulasi udara.
c. Mengontrol kelembaban udara.
d. Memurnikan udara.
e. Meningkatkan tekanan udara.
3. Fungsi dari kondensor pada sistem AC adalah untuk mendinginkan refrigerant yang bersuhu tinggi karena dikompresikan oleh kompresor. Gambar dari komponen kondensor yaitu.........
4. Perhatikan gambar dibawah ini !
Nama komponen sistem AC diatas adalah.......
a. Blower.
b. Evaporator.
c. Kondensor.
d. Magnetic Clutch.
e. Kompresor.
5. Perhatikan gambar dibawah ini !
Nama komponen AC pada nomer 1 dan 4 adalah .........
a. Magnetic clutch dan kondensor.
b. Ekspansion Valve dan magnetic clutch.
c. Dryer dan kondensor.
d. Dryer dan magnetic clutch.
e. Dryer dan ekspansion valve.
6. Perhatikan gambar dibawah ini !
Nama komponen AC diatas adalah............
a. Magnetic clutch.
b. Evaporator.
c. Kondensor.
d. Dryer.
e. Ekspansion valve.
7. Untuk menambah kenyamanan dalam ruang kendaraan dibutuhan sistem pendinginan, agar zat pendingin yang digunakan sebagai media pendinginan dapat bersirkulasi pada rangkaian sistem AC, maka diperlukan ……….
a. Kondensor.
b. Pipa kapiler.
c. Evaporator.
d. Kompresor.
e. Gelas kaca.
8. Komponen yang berfungsi untuk melepaskan refrigerant yang bertemperatur dan bertekanan rendah adalah ....
a. Kompresor.
b. Expansion valve.
c. Kondensor.
d. Evaporator.
e. Dryer.
9. Fungsi dari magnetic clutch adalah.......
a. Mengkompresikan refrigerant.
b. Mendinginkan refrigerant.
c. Melepas kompresor dengan putaran mesin.
d. Melepas dan menghubungkan kompressor dengan putaran mesin.
e. Menghubungkan kompresor dengan putaran mesin.
10. Komponen sistem AC mobil yang berfungsi mengubah cairan refrigerant tekanan rendah menjadi gas/uap adalah ….
a. Kompresor.
b. Kondensor.
c. Dryer.
d. Evaporator.
e. Expansion valve.
11. Komponen ini berfungsi untuk menampung sementara refrigerant yang mengaalir dan memisahkan kandungan air dalam sistem. Komonen ini dinamakan….
a. Kompresor.
b. Dryer.
c. Evaporator.
d. Kondensor.
e. Katup ekspansi.
12. Komponen yang berfungsi untuk menurunkan tekanan refrigerant adalah .......
a. kompresor
b. expansion valve
c. kondensor
d. evaporator
e. dryer
13. Komponen yang berfungsi untuk menyerap udara panas yang ada disekitar dan digantikan dengan udara yang dingin adalah .....
a. Kompresor.
b. Expansion valve.
c. Kondensor.
d. Evaporator.
e. Dryer.
14. Perhatikan gambar dibawah ini !
Fungsi dari komponen AC diatas adalah...........
a. Menampung refrigerant.
b. Mengabutkan refrigerant.
c. Menyerap panas refrigerant.
d. Mengkompresikan refrigerant.
e. Mengalirkan udara.
15. Berapakah suhu refrigerant sebelum didinginkan oleh kondesor.........
a. 100 C.
b. 90 C.
c. 80 C.
d. 70 C.
e. 60 C.
16. Setelah refrigerant didinginkan didalam kompresor dan berubah wujud dari gas menjadi cair. Suhu refrigerant turun menjdi berapa derajad.........
a. 72 C.
b. 62 C.
c. 57 C.
d. 47 C.
e. 32 C.
17. Lubang keluar dari ekspansion valve sengaja dibuat dengan ukuran yang kecil. Tujuan ukuran lubang keluar pada ekspansion valve dibuat dengan ukuran kecil adalah.........
a. Agar refrigerant mudah dikabutkan.
b. Untuk melancarkan aliran refrigerant.
c. Untuk menghambat aliran refrigerant.
d. Agar refrigerant dapat berubah wujud menjadi cair dengan mudah.
e. Agar refrigerant mengalami penurunan suhu.
18. Bagian dari receifer/dryer yang digunakan untuk melihat keadaan refrigerant adalah..........
a. Pipa pengintai.
b. Gelas kaca (sight glass).
c. Pipa penghubung.
d. Kaca variasi.
e. Pipa kapiler.
19. Yang bukan termasuk fungsi pressure switch adalah .........
a. Mendeteksi bila tekanan pada sisi tekanan tinggi terlalu tinggi.
b. Mematikan magnetic clutch saat posisi tidak normal.
c. Menghentikan kerja kompresor.
d. Menghentikan siklus refrigerant.
e. Memperbesar tekanan di kompresor.
20. Untuk mencegah mesin mati saat sistem AC dinyalakan pada kendaraan, maka pada karburator dilengkapi dengn sistem….
a. Pengaya.
b. Idle up.
c. Pompa akselerasi.
d. Choke.
e. Putaran stasioner
21. Dibawah ini adalah komponen-komponen tambahan pada sisitem AC mobil, kecuali............
a. Pressure switch.
b. Stabilizer putaran mesin.
c. Peralatan idle up.
d. Magnetic clutch.
e. Magnetic Valve.
22. Salah satu alat yang dipasang pada evaporator dan berfungsi sebagai alat pencegah pembekuan. Apakah nama alat tersebut.......
a. Termometer.
b. Termostat.
c. Thermistor.
d. Pressure switch.
e. Dryer.
23. Ada dua jenis alat pencegah pembekuan dalam sistem AC. Apa nama kedua alat tersebut.........
a. Thermistor dan EPR.
b. Thermistor dan kompresor.
c. Kompresor dan EPR.
d. Evaporator dan thermistor.
e. Tidak ada jawaban yang benar.
24. Alat pencegah pembekuan tipe EPR terletak diantara dua komponen. Apa nama kedua komponen tersebut.........
a. Kompresor – kondensor.
b. Evaporator – kompresor.
c. Kompresor – dryer.
d. Dryer – ekspansion valve.
e. Ekspansion valve – evaporator.
25. Letak pressure switch diapit oleh dua komponen AC. Apa nama komponen yang mengapit pressure switch tersebut........
a. Receiver dan expansion valve.
b. Kopresor dan kondensor.
c. Expansion valve dan evaporator.
d. Evaporator dan kompresor.
e. Kondensor dan receifer.
26. Letak magnetic valve diapit oleh dua komponen AC. Apa nama dua komponen AC tersebut..........
a. Dryer dan expansion valve.
b. Kompresor dan evaporator.
c. Kompresor dan kondensor.
d. Kondensor dan dryer.
e. Tidak ada jawaban yang benar.
27. Perhatikan gambar sistem AC mobil di bawah ini!
Kondisi refrigerant pada saluran nomor 3 sampai 4 pada saat mesin hidup adalah....
a. cairan tekanan rendah dan temperatur rendah.
b. gas tekanan rendah dan temperatur rendah.
c. cairan tekanan tinggi dan temperatur tinggi.
d. gas tekanan tinggi dan temperatur tinggi.
e. cairan tekanan rendah dan temperatur tinggi.
28. Mengapa gas refigerant bisa bertemperatur dan bertekanan tinggi..........
a. Karena dekat dengan block silinder.
b. Karena dikompresikan dengan campuran udara.
c. Karena dikompresikan oleh kompresor.
d. Karena terdapat komponen kelistrikan.
e. Karena terdapat sistem pengapian.
29. Apakah akibatnya dari refrigerant bila mengandung air.........
a. Akan mengganggu sirkulasi refrgerant.
b. Akan membantu refrigerant dalam sirkulasi.
c. Dapat memperlancar aliran refrigerant.
d. Refrigerant dapat berumur panjang.
e. Sistem AC terhindar dari kebocoran.
30. Urutan siklus pendinginan pada sistem AC yang benar adalah........
a. Kompresor – evaporator – ekspansion valve – receifer – kondensor.
b. Kompresor – kondensor – receifer – ekspansion valve – evaporator.
c. Ekspansion valve – evaporator – kompresor – kondensor – receifer.
d. Receifer – kondensor – kompresor – evaporator – ekspansion valve.
e. Evaporator – ekspansion valve – receifer – kondensor – kompresor.
31. Fungsi dari manifold gauge adalah..............
a. Melihat tekanan refrigerant.
b. Mengkompresikan refrigerant.
c. Menurunkan tekanan refrigerant.
d. Sebagai filter dalam sistem AC.
e. Menyerap udara panas.
32. Selain berfungsi untuk melihat tekanan refrigerant pada sistem AC. Manifold gauge mempunyai fungsi lain yaitu......
a. Mendeteksi kerusakan pada sistem AC.
b. Mengkompresi refrigerant.
c. Menurunkan tekanan refrigerant.
d. Sebagai filter dalam sisitem AC.
e. Menyerap udara panas.
33. Untuk mengetahui besarnya tekanan pada sistem AC. peralatan servis yang digunakan serta pemasangannya adalah..........
a. Manifold gauge – kondenser.
b. Manifold gauge – kompressor.
c. Manifold gauge - dryer.
d. Manifold gauge – ekspansion valve.
e. Manifold gauge – evaporator.
34. Berikut ini adalah kelebihan dari refrigerant tipe R12, kecuali......
a. Mendidih pada suhu 29,8 oC dalam tekanan atmosfir.
b. Stabil pada temperatur baik tinggi maupun rendah.
c. Tidak menimbulkan reaksi terhadap logam.
d. Dapat larut bila dicampur dengan minyak.
e. Mempengaruhi penipisan ozon.
35. Mengapa oli kompresor sangat dibutuhkan ...........
a. untuk meringankan putaran kompresor.
b. supaya ruangan didalam kabin kendaraan lebih cepat dingin.
c. karena oli kompresor brsirkulasi melalui siklus pendingin dan melumasi bagian-bagian tertentu.
d. supaya putaran kipas pendingin tetap stabil.
e. supaya putaran kipas lebih cepat.
36. Akibat yang akan ditimbulkan apabila sistem AC tidak terdapat oli kompresor adalah.........
a. Proses pendinginan pada ruangan mobil akan lebih cepat.
b. Akan terjadi kerusakan pada komponen-komponen AC mobil.
c. Kerja kompresor menjadi lebih ringan.
d. Sirkulasi refrigerant pada sistem AC menjadi lebih lancar.
e. Terjadi kerusakan pada kipas kondensor.
37. Urutan pengisian refrigerant yang benar adalah..........
a. Pasang selang pada tabung refrigerant - Pemeriksaan kebocoran awal - Pengisian refrigerant dalam bentuk cair - Pengisian lanjutan.
b. Pengisian lanjutan - Pengisian refrigerant dalam bentuk cair - Pemeriksaan kebocoran awal - Pasang selang pada tabung refrigerant.
c. Pasang selang pada tabung refrigerant - Pengisian lanjutan - Pengisian refrigerant dalam bentuk cair - Pemeriksaan kebocoran awal.
d. Pasang selang pada tabung refrigerant - Pemeriksaan kebocoran awal - Pengisian refrigerant dalam bentuk cair.
e. Pasang selang pada tabung refrigerant - Pengisian lanjutan - Pengisian refrigerant dalam bentuk cair.
38. Servis berkala pada kompresor dilakukan setiap kendaraan menempuh jarak kelipatan berapa kilo meter........
a. 100.000 km.
b. 90.000 km.
c. 80.000 km.
d. 70.000 km.
e. 60.000 km.
39. Berapakah jumlah oli pelumas yang harus ditambahkan pada kompresor ketika melakukan servis pada AC mobil.........
a. 30 ml.
b. 40 ml.
c. 50 ml.
d. 60 ml.
e. 70 ml.
40. Penggantian receifer/dryer dengan yang baru dilakukan setiap kendaraan menempuh jarak kelipatan berapa kilo meter...........
a. 40.000 km.
b. 30.000 km.
c. 20.000 km.
d. 10.000 km.
e. 9000 km
41. Pada saat sistem AC kekurangan refrigerant maka ciri-ciri yang ditunjukkan manifold gauge pada pengukur tekanan rendah dan pengukur tekanan tinggi menunjukkan nilai berapa..........
a. 0,8 kg/cm2 dan 8 kg/cm2 .
b. 0,7 kg/cm2 dan 7 kg/cm2 .
c. 0,6 kg/cm2 dan 6 kg/cm2 .
d. 0,5 kg/cm2 dan 5 kg/cm2 .
e. 0,4 kg/cm2 dan 4 kg/cm2 .
42. Salah satu akibat apabila sistem AC kelebihan refrigerant adalah........
a. Pendinginan maksimum.
b. Pendinginan tidak maksimum.
c. Mengakibatkan kebocoran pada sistem AC.
d. Evaporator bekerja lebih maksimum.
e. Jawaban a, b, c dan d benar.
43. Upaya perbaiakan apabila sistem AC kelebihan refrigerant adalah..........
a. Kurangi jumlah refrigerant.
b. Bersihkan kondenser.
c. Periksa kopling fluida kipas radiator, bila rusak ganti.
d. Jawaban a, b dan c benar.
e. Tambahkan refrigerant pada sisitem AC.
44. Didalam evaporator terdapat banyak refrigerant dalam bentuk cair. Merupakan indikasi terjadi kerusakan pada komponen...........
a. Kompresor.
b. Kondensor.
c. Dryer.
d. Ekspansion Valve.
e. Evaporator.
45. Pemeriksaan pada manifold gauge menunjukkan pengukur tekanan rendah terlalu tinggi dan pengukur tekanan tinggi terlalu rendah, merupakan indikasi terjadi kerusakan pada komponen........
a. Evaporator.
b. Kondensor.
c. Dryer.
d. Expansion Valve.
e. Kompresor
46. Pengukur tekanan rendah: 2.5 kg/cm2 dan pengukur tekanan tinggi: 23 kg/cm2 . Merupakan indikasi adanya ..............
a. Debu didalam siklus pendingin.
b. Udara didalam siklus pendingin.
c. Uap air didalam siklus pendingin.
d. Oli pelumas didalam siklus pendingin.
e. Refrigerant berlebihan.
47. Apabila magnetic clutch tidak bisa tertarik maka akan menyebabkan kompresor tidak bisa bekerja karena tidak berputar. Kerusakan pada magnetic clutch ini disebabkan karena..........
a. Wiring putus / tidak menyambung.
b. Kompresor rusak.
c. Kekurangan refrigerant.
d. Kekurangan oli pelumas.
e. Oli pelumas terlalu berlebihan.
48. Apabila terdapat indikasi adanya suara dari kompresor yang terlalu berisik. Indikasi tersebut menandakan bahwa........
a. Kompresor tidak bisa terhubung dengan putaran mesin.
b. Kompresor kelebihan oli.
c. Didalam kompresor terdapat air.
d. Didalam kompresor terdapat udara.
e. Bearing aus atau rusak.
49. Salah satu penyebab terjadinya kebocoran gas refrigerant adalah.......
a. Seal telah aus.
b. Refrigerant berlebihan.
c. Kurangnya oli pelumas.
d. Kompresor telah rusak.
e. Evaporator tidak berfungsi
50. Banyaknya gelembung pada kaca pengintai atau sight glass menunjukkan bahwa........
a. Refrigerant bersirkulasi dengan baik.
b. Sistem AC kelebihan refrigerant.
c. Dryer rusak.
d. Tekanan pada katup penyalur dan isap rendah.
e. Expansion valve tidak bekerja maksimal.
Belum ada Komentar untuk "Soal Pilihan Ganda Sistem AC Mobil"
Posting Komentar