KISI-KISI Sejarah Indonesia Kurikulum : 2013 Program : Semua Rumpun
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN / MADRASAH ALIYAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia Kurikulum : 2013 Program : Semua Rumpun
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Sejarah | Masa Praaksara, Hindu-Buddha dan Islam | Pengaruh Barat terhadap Pergerakan Nasional Indonesia hingga Terbentuknya Negara Kebangsaan Indonesia | Perjuangan bangsa Indonesia sejak Masa Proklamasi Kemerdekaan sampai Tahun 1965 | Perkembangan Masyarakat Indonesia sejak Orde Baru sampai Reformasi | |
Pengetahuan dan Pemahaman • Menjelaskan • Menentukan • Mengidentifikasi • Mendeskripsikan • Memberi contoh | Peserta didik memahami dan menguasai tentang: - prinsip-prinsip dasar ilmu sejarah (pengetahuan sejarah, ciri-ciri sejarah, unsurunsur sejarah, konsep waktu, ruang lingkup, priodisasi, kronologi, kronik dan historiografi) | Peserta didik memahami dan menguasai tentang: - kehidupan manusia praaksara dan asalusul nenek moyang bangsa Indonesia (melanesoid, proto, dan deutro melayu) - proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu- Buddha ke Indonesia - proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia | Peserta didik memahami dan menguasai tentang: - penjajahan bangsa Barat dan Jepang di Indonesia - lahirnya pergerakan nasional di Indonesia | Peserta didik memahami dan menguasai tentang : - peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia - perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai pada masa Demokrasi Terpimpin | Peserta didik memahami dan menguasai tentang : kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi) |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Sejarah | Masa Praaksara, Hindu-Buddha dan Islam | Pengaruh Barat terhadap Pergerakan Nasional Indonesia hingga Terbentuknya Negara Kebangsaan Indonesia | Perjuangan bangsa Indonesia sejak Masa Proklamasi Kemerdekaan sampai Tahun 1965 | Perkembangan Masyarakat Indonesia sejak Orde Baru sampai Reformasi | |
Aplikasi • Mengklasifikasi • Menerapkan • Membandingkan • Menginterpretas • Membedakan • Menujukkan | Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: konsep priodisasi, kronologi, kronik dalam sejarah | Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - kehidupan masa Praaksara dan asalusul nenek moyang Bangsa Indonesia - kehidupan sosial, ekonomi dan budaya pada masa Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia | Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dan Jepang di Indonesia - Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan - Pertumbuhan dan perkembangan nasionalisme di Indonesia | Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia - pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia - perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan sampai Tahun 1965 - kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia sampai pada masa Demokrasi Terpimpin | Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: kehidupan sosial, ekonomi, politik Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru sampai masa Reformasi |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Sejarah | Masa Praaksara, Hindu-Buddha dan Islam | Pengaruh Barat terhadap Pergerakan Nasional Indonesia hingga Terbentuknya Negara Kebangsaan Indonesia | Perjuangan bangsa Indonesia sejak Masa Proklamasi Kemerdekaan sampai Tahun 1965 | Perkembangan Masyarakat Indonesia sejak Orde Baru sampai Reformasi | |
Penalaran • Membandingkan • Menyimpulkan • Membuktikan • Menganalisa • Mensintesis • Mengevaluasi • Memprediksi • Menyelesaikan masalah | Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji: konsep historiografi dalam ilmu sejarah | Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji: - kehidupan masa Pra Aksara dan asal-usul nenek moyang Bangsa Indonesia - kehidupan sosial, ekonomi, politik dan budaya pada masa HinduBuddha dan Islam di Indonesia | Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji: - dampak penjajahan bagi masyarakat Indonesia di berbagai bidang - terbentuknya negara kebangsaan Indonesia | Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji : - strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia - Pergolakan dalam negeri (pemberontakan PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI) - peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia | Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji: - peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia - peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia (KAA, Misi Garuda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting) - kehidupan sosial, ekonomi, politik Bangsa Indonesia pada masa Orba sampai masa Reformasi |
Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI Sejarah Indonesia Kurikulum : 2013 Program : Semua Rumpun"
Posting Komentar