KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS / MADRASAH ALIYAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mata Pelajaran : Antropologi
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS / MADRASAH ALIYAH
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran : Antropologi
Kurikulum : 2013
Program Studi : IBB
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Konsep dasar, Kajian Antropologi | Kajian budaya | Bahasa/Dialek dan Tradisi Lisan | Iptek dan globalisasi | Penelitian Kualitatif dan Etnografi | |
Pengetahuan dan Pemahaman • Mengidentifikasi • Menyebutkan • Menunjukkan • Mendeskripsikan • Menjelaskan | Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang : - konsep dasar antropologi - kajian antropologi - manfaat antropologi - peran antropologi | Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang : - budaya (konsep budaya/pengertian budaya, wujud budaya, unsur budaya, keberagaman budaya, keberagaman agama/religi/kepercayaan) - konsep dasar budaya, adat, kelompok etnik, etnosentrisme | Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang : - bahasa,dialek, tradisi lisan yang berkembang di Indonesia - keberagaman bahasa/dialek/tradisi lisan - fungsi bahasa, dialek | Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang : - iptek, globalisasi, modernisasi - dampak positif/negatif iptek, globalisasi dan modernisasi dalam kehidupan masyarakat Indonesia | Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang : - metode penelitian kualitatif - Perubahan sos- bud dalam masyarakat multikultural - mempertahankan nilai-nilai budaya di tengah pengaruh globalisasi |
Aplikasi • Memberi contoh • Menentukan • Menerapkan • Menginterpretasi • Mengklasifikasi • Menghubungkan | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - manfaat antropologi dalam mengkaji kesamaan dan keberagaman budaya, agama, | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - hubungan antarbudaya (lokal, nasional, asing), hubungan antar budaya di era globalisasi | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - peran bahasa, dialek dan tradisi lisan di Nusantara dalam membangun | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - strategi dalam mempertahankan nilai-nilai budaya di tengah-tengah globalisasi | Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - rancangan penelitian sederhana budaya lokal, budaya nasional, pengaruh |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Konsep dasar, Kajian Antropologi | Kajian budaya | Bahasa/Dialek dan Tradisi Lisan | Iptek dan globalisasi | Penelitian Kualitatif dan Etnografi | |
religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa - kajian antropologi tentang bentuk perilaku menyimpang atau subkebudayaan menyimpang di masyarakat - konsep dasar antropologi tentang kebergaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa - internalisasi nilainilai budaya - budaya lokal, budaya nasional, budaya asing dan hubungan antar budaya | - internalisasi nilai-nilai budaya dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk kepribadian dan karakter - melemahnya nilai-nilai budaya tradisional dalam masyarakat - sikap toleransi/empati terhadap (keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan) - bentuk perilaku menyimpang / kebudayaan menyimpang | masyarakat multikultur - keberagaman bahasa/ dialek/tradisi lisan - pemetaan bahasa/ dialek/tradisi lisan - penyebaran bahasa, dialek dan tradisi lisan - hubungan antara bahasa dan dialek - perkembangan tradisi lisan di Indonesia | - perubahan sosial budaya dalam masyarakat multikultural di tengah perkembangan iptek dan globalisasi - pengaruhi iptek, globalisasi terhadap kebudayaan nasional - pengaruh iptek di bidang pendidikan, ekonomi, informasi - langkah-langkah pemecahan masalah sebagai akibat perkembangan iptek dan globalisasi | budaya asing dan hubungan antarbudaya - metodologi penelitian etnografi, - langkah-langkah penelitian kualitatif - mengomunikasikan hasil penelitian kualitatif | |
Penalaran • Menganalisis • Mensintesis • Mengevaluasi • Merumuskan • Menyimpulkan | Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang: - konsep dasar antropologi dalam kaitannya dengan | Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang: - hubungan antarbudaya (lokal, budaya nasional, budaya asing) - kesetaraan gender | Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang: - keterkaitan antara budaya, bahasa, | Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang: - masalah sosial budaya sebagai pengaruh | Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji tentang: - penelitian etnografi dalam menganalisis |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Konsep dasar, Kajian Antropologi | Kajian budaya | Bahasa/Dialek dan Tradisi Lisan | Iptek dan globalisasi | Penelitian Kualitatif dan Etnografi | |
• Memprediksi • Memecahkan masalah • Membuktikan | kesamaan dan keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa - manfaat / peran antropologi - proses internalisasi nillai-nilai budaya - perilaku menyimpang dan dampaknya - keterkaitan antarbudaya lokal, budaya asing, budaya nasional, budaya asing dan hubungan antarbudaya - | - perubahan sosial dalam masyarakat multikultural - pelapisan sosial dan struktur sosial - nilai-nilai kultural masyarakat Indonesia (gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa) - melamahnya budaya tradisional dalam berbagai suku bangsa di Indonesia | dialek dan tradisi lisan di Nusantara - persamaan dan perbedaan bahasa/dialek /tradisi lisan di masyarakat | perkembangan iptek dan globalisasi - pemecahan masalah sosial budaya yang timbul sebagai pengarauh iptek, globalisasi, modernisasi | kesamaan dan keragaman bahasa, dialek, tradisi lisan dalam masyarakat multikultural - manfaat penelitian kualitatif |
Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS / MADRASAH ALIYAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mata Pelajaran : Antropologi"
Posting Komentar