KISI-KISI USBN Bahasa Indonesia KURIKULUM 2013 TAHUN 201819
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONALSEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kurikulum : 2013
Program : Semua Rumpun
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||||
Membaca Teks Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Teks Nonsastra | Menulis Teks Sastra | Ciri dan Struktur Teks (Nonsastra dan Sastra) | Aspek Kebahasaan pada Teks | |
Pengetahuan dan Pemahaman • Mengidentifikasi • Menemukan • Menentukan | Peserta didik dapat - menentukan isi tersurat teks nonsastra - menentukan makna kata/istilah pada teks nonsastra | Peserta didik dapat - menentukan isi tersurat dalam teks sastra - menentukan makna kata/ ungkapan pada teks sastra | Peserta didik dapat - melengkapi kata pada bagian teks nonsastra - melengkapi kata kohesi pada bagian teks nonsastra | Peserta didik dapat - melengkapi kata/ungkapan pada bagian teks sastra - melengkapi kata kohesi pada bagian teks sastra | Peserta didik dapat - mengidentifikasi ciri umum berbagai teks - mengidentifikasi bagian struktur teks - menentukan jenis teks berdasarkan strukturnya | Peserta didik dapat - mengidentifikasi kata dari teks yang dibaca (kata baku, kata khusus, kata umum, kata emotif, kata bersinonim - mengidentifikasi beragam kalimat pada teks (kalimat definisi, kalimat perincian, kalimat bermajas) |
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||||
Membaca Teks Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Teks Nonsastra | Menulis Teks Sastra | Ciri dan Struktur Teks (Nonsastra dan Sastra) | Aspek Kebahasaan pada Teks | |
Aplikasi • Menyimpulkan • Mengurutkan • Melengkapi • Menyusun | Peserta didik dapat - menentukan ide pokok - menyimpulkan topik/ inti teks - menyimpulkan pertanyaan yang jawabannya merupakan inti teks - menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra - mengurutkan ringkasan sesuai dengan isi teks - menyimpulkan hubungan dalam teks - menyimpulkan persamaan isi kedua teks nonsastra - menyimpulkan perbedaan isi kedua teks nonsastra - menyimpulkan | Peserta didik dapat - menyimpulkan isi tersirat dalam teks sastra (makna simbol, watak, latar, sikap pengarang/ penyair, tema, sebab dan akibat konflik, pesan, amanat, nilai moral, nilai budaya, nilai sosial) - menyimpulkan persamaan isi kedua teks sastra - menyimpulkan perbedaan isi kedua teks sastra - mengurutkan pokok-pokok peristiwa sesuai isi karya sastra | Peserta didik dapat - melengkapi kalimat pada teks nonsastra - mengurutkan kalimat menjadi paragraf yang padu pada teks nonsastra - melengkapi paragraf pada teks nonsastra - mengembangkan argumen berdasarkan pernyataan (tesis) - mengembangkan paragraf klasifikasi berdasarkan bagan/ kata kunci - melengkapi kerangka teks - mengembangkan kerangka isi | Peserta didik dapat - melengkapi majas pada bagian teks sastra - melengkapi bagian teks sastra (awal, inti akhir cerita) - melengkapi latar - melengkapi dialog yang sesuai | Peserta didik dapat - mengurutkan struktur teks yang diacak - merinci struktur teks yang dibaca - menyimpulkan persamaan pola penyajian struktur teks - menyimpulkan perbedaan pola penyajian struktur teks - mengklasifikasi teks dengan menunjukkan bukti/alasan | Peserta didik dapat - menyimpulkan adanya kesalahan penggunaan kata - menyimpulkan adanya kesalahan kalimat (kalimat efektif, penggunaan konjungsi dalam/antar kalimat definisi, kalimat perintah) - menyimpulkan adanya kesalahan paragraf dalam berbagai jenis teks - menyimpulkan adanya kesalahan ejaan - mengelompokkan kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ejaan - mengelompokkan |
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||||
Membaca Teks Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Teks Nonsastra | Menulis Teks Sastra | Ciri dan Struktur Teks (Nonsastra dan Sastra) | Aspek Kebahasaan pada Teks | |
hubungan antarteks nonsastra - (sebab-akibat, tesisargumen, umumrincian, masalahsolusi, faktaprediksi) | sesuai judul | kesalahan penggunaan kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan | ||||
Penalaran • Mengevaluasi • Memprediksi • Merefleksi • Menyunting • Mengubah • Memvariasikan • Memetakan • Membandingkan | Peserta didik dapat - memetakan isi teks (mengubah teks menjadi peta konsep yang sesuai) - memprediksi berdasarkan isi teks - mengevaluasi isi teks nonsastra | Peserta didik dapat - membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai) - mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini - menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra - menilai isi karya sastra | Peserta didik dapat - memvariasikan judul teks - memvariasikan bagian teks - mengubah teks nonsastra ke bentuk teks nonsastra lain - memvariasikan judul teks - mengembangkan/ menulis teks berdasarkan kerangka isi | Peserta didik dapat - memvariasikan pola pengembangan teks sastra - mengubah teks sastra ke bentuk teks sastra lain - memvariasikan judul teks - mengembangkan/ menulis karya sastra | Peserta didik dapat - menilai ketepatan bagian struktur teks dengan menunjukkan bukti/alasannya - menilai kelengkapan struktur teks dengan menunjukkan bukti/alasannya | Peserta didik dapat - memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan (kalimat efektif, penggunaan konjungsi, kalimat definisi, kalimat perintah) - memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca - menilai ketepatan |
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||||
Membaca Teks Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Teks Nonsastra | Menulis Teks Sastra | Ciri dan Struktur Teks (Nonsastra dan Sastra) | Aspek Kebahasaan pada Teks | |
penggunaan kata/ kalimat - menunjukkan alasan/bukti kesalahan penggunaan paragraf (definisi, klasifikasi, sebabakibat, perincian, alasan-argumen, masalah-solusi) | ||||||
Teks yang digunakan: | laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, berita, iklan, cerita sejarah/cerita ulang, debat, biografi, ceramah, proposal, karya ilmiah, resensi, surat lamaran pekerjaan, artikel, buku ilmiah, kritik dan esai | anekdot, cerpen, novel sejarah, novel, cerita rakyat, hikayat, puisi, drama | laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, berita, iklan, cerita sejarah/cerita ulang, debat, biografi, ceramah, proposal, karya ilmiah, resensi, | anekdot, cerpen, pantun, cerita rakyat, puisi, drama, novel, hikayat | laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, berita, iklan, cerita sejarah/cerita ulang, debat, biografi, ceramah, proposal, karya ilmiah, resensi, | laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, berita, iklan, cerita sejarah/cerita ulang, debat, biografi, ceramah, proposal, karya ilmiah, resensi, surat lamaran pekerjaan, artikel, buku ilmiah, kritik, esai, anekdot, |
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||||
Membaca Teks Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Teks Nonsastra | Menulis Teks Sastra | Ciri dan Struktur Teks (Nonsastra dan Sastra) | Aspek Kebahasaan pada Teks | |
surat lamaran pekerjaan, artikel, buku ilmiah, kritik dan esai | surat lamaran pekerjaan, artikel, buku ilmiah, kritik, esai, anekdot, cerpen, novel sejarah, novel, cerita rakyat, hikayat, puisi, drama | cerpen, novel sejarah, novel, cerita rakyat, hikayat, puisi, drama |
Catatan: Kutipan Teks/Bacaan yang digunakan sebagai konteks (stimulus) diupayakan sesuai dengan rumpun SMK
Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI USBN Bahasa Indonesia KURIKULUM 2013 TAHUN 201819"
Posting Komentar