KISI-KISI USBN Biologi Kurikulum : 2013
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mata Pelajaran : Biologi Kurikulum : 2013
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Enzim dan Metabolisme | Mikroorganisme | Polusi/Pencemaran Lingkungan | Keanekaragaman Hayati dan Ekologi | Bioteknologi | |
Pengetahuan dan Pemahaman - menyebutkan - menjelaskan - mengidentifikasi - menunjukkan - mendeskripsikan | Siswa mampu: • Mengidentifikasi ciri-ciri enzim • Mendeskripsikan peranan enzim dalam metabolisme pada tumbuhan • Menyebutkan pengertian glikolisis | Siswa mampu: Mengidentifikasi : o jamur berdasarkan ciri-cirinya. o virus berdasarkan cara reproduksinya | Siswa mampu: • Menjelaskan karakteristik limbah • Menyebutkan : o macam-macam limbah o metode mengolah limbah tumbuhan (3R) | Siswa mampu: • Menunjukkan : o tingkat keanekaragaman hayati o interaksi yang terjadi dalam ekosistem dalam bentuk bagan • Mengidentifikasi macam-macam ekosistem | Siswa mampu: • Menjelaskan prinsip bioteknologi • Menyebutkan macam-macam produk bioteknologi • Mengidentifikasi mikroba yang tepat pada produk bioteknologi |
Aplikasi - menerapkan - mengurutkan - mengklasifikasi - menentukan - memilih | Siswa mampu: • Menentukan persamaan reaksi pada respirasi seluler (aerob) • Mengurutkan empat tahapan | Siswa mampu Mengklasifikasi : o bakteri berdasarkan bentuknya o jamur berdasarkan ciri | Siswa mampu: Menentukan jenisjenis limbah berdasarkan wujudnya | Siswa mampu: Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri, sifat dan tempat hidupnya | Siswa mampu: Menerapkan konsep dan prosedur bioteknologi |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||||
Enzim dan Metabolisme | Mikroorganisme | Polusi/Pencemaran Lingkungan | Keanekaragaman Hayati dan Ekologi | Bioteknologi | |
reaksi pada respirasi seluler | spora seksual dan tubuh buahnya | • Menerapkan pengelolaan limbah di lingkungannya • Memilih jenis pengelolaan limbah yang sesuai. | Mengurutkan peran mahluk hidup dalam jarring- jaringmakanan | Menentukan ciriciri bioteknologi konvensional | |
Penalaran dan Logika - menganalisis - menelaah - mengaitkan - memecahkan - mendeteksi - membandingkan - menyimpulkan - merancang | Siswa mampu: • Menelaah jenis reaksi pada respirasi anaerob • Menganalisis sintesis asam lemak pada reaksi Krebs • Menyimpulkan hasil percobaan keaktifan enzim katalase. | Siswa mampu: • Menganalisis : o keterkaitan antara jenisjenis bakteri dengan cara penanganannya o ciri-ciri jamur berdasarkan ciri morfologi dan anatominya • Mengaitkan antara jenis-jenis bakteri dengan kebutuhan hidupnya | Siswa mampu: • Mengaitkan dampak polusi terhadap perubahan lingkungan dan kesehatan • Memecahkan permasalahan penanganan limbah yang sesuai dengan contoh kasus • Merancang penanganan limbah padat | Siswa mampu: • Menganalisis interaksi yang berlangsung di dalam ekosistem • Mendeteksi ketidak seimbangan ekosistem darat • Merancang tindakan perbaikan dan pelestarian pelestarian lingkungan • Menelaah penyebab berkurangnya energi yang terjadi di setiap tingkat trofik pada piramida energi | Siswa mampu : • Mendeteksi penyimpangan pada produk bioteknologi • Membandingkan kelebihan produk bioteknologi dan bukan. • Menelaah langkah dasar teknologi DNA rekombinan |
Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI USBN Biologi Kurikulum : 2013"
Posting Komentar