Memelihara/servis Sistem AC

Memelihara/servis Sistem AC

AC atau Air Conditioners, adalah suatu rangkaian peralatan atau komponen yang berfungsi untuk mendinginkan udara didalam kabin agar penumpang dapat merasa segar dan nyaman (Triyono, 2010:5). Rangkaian peralatan atau komponen sisitem AC adalah sebagai berikut:

a. Kompresor

kompresor berfungsi untuk memompakan refrigerant yang berbentuk gas agar tekanannya meningkat sehingga mengakibatkan temperaturnya meningkat (Triyono, 2010:6). Karena adanya peningkatan suhu dan tekanan pada refrigerant maka refrigerant akan mengalir dalam sistem AC. Kompresor menjadi suatu komponen yang sangat vital dalam sisitem AC karena fungsinya yang paling dominan, tanpa adanya kompresor refrigerant tidak akan bersirkulasi.

 b. Kondensor
Fungsi kondensor adalah untuk menyerap panas pada refrigerant yang telah dikompresikan oleh kompresor dan mengubah refrigerant yang berbentuk gas menjadi cair (Triyono, 2010:7). Panas yang ada di kondensor akan dialirkan menuju udara sekitar melalui sirip-sirp kondensor. Dalam proses pelepasan panas kondensor akan ditiup kipas kondensor yang berfungsi untuk mempercepat proses pendinginan.

c. Dryer/receiver 
Dryer/receiver berfungsi menampung refrigerant cair untuk sementara, yang untuk selanjutnya mengalirkannya ke evaporator melalui expansion valve (Triyono, 2010:7). Selain menampung refrigerant, Dryer/receifer juga berfungsi sebagai filter untuk menyaring uap air dan kotoran yang masuk dalam siklus sistem AC.

 d. Exspansion valve
Expansion valve berfungsi mengabutkan refrigerant kedalam evaporator agar refrigerant cair dapat segera berubah menjadi gas (Triyono, 2010:7). Apabila refrigerant tidak dikabutkan oleh expansion valve sebelum masuk evaporator maka evaporator akan mengalami kesulitan untuk mendinginkan udara yang ada disekitarnya. 

e. Evaporator 
Dilihat dari bentuk dan konstruksinya, evaporator dan kondensor memiliki kesamaan. Namun dari segi fungsinya, terdapat perbedaan yang mendasar. Pada kondensor, terjadi perubahan wujud refrigerant dari gas menjadi cair, namun sebaliknya, pada evaporator, terjadi perubahan wujud refrigerant dari zat cair menjadi gas. Menurut Triyono dalam bukunya “Pedoman Praktis Merawat AC Mobil” (2010:7) evaporator adalah komponen yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara melalui sirip-sirip pendingin evaporator sehingga udara tersebut menjadi dingin. 

 f. Blower
Blower berfungsi untuk meniup atau menghembuskan udara melewati sirip-sirip evaporator sehingga udara dingin yang ada dissekitar evaporator mengalir searah aliran tiupan blower menuju ke ruangan mobil. Konsumsi tenaga yang digunakan adalah 100 – 250 W dengan tiga kecepatan, yaitu kecepatan rendah, sedang dan kecepatan tinggi.

Belum ada Komentar untuk "Memelihara/servis Sistem AC"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel