SILABUS Dasar-Dasar Budidaya Perairan
SILABUS MATAPELAJARAN
Satuan Pendidikan | : | SMK | |
Mata Pelajaran | : | Dasar-Dasar Budidaya Perairan | |
Kelas/Semester | : | X/2 | |
Kompetensi Inti | : | ||
KI 1 | : | Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya | |
KI 2 | : | Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia | |
KI 3 | : | Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. | |
KI 4 | : | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Mengamalkan pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran dasar - dasar budidaya perairan sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia. | |||||
2.1 Menjalankan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; teliti; tekun bertanggung jawab; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi dalam mata pelajaran dasar - dasar budidaya perairan | |||||
3.1 Menganalisis siklus hidup dan sistem reproduksi biota air (ikan, kekerangan, krustasea dan rumput laut) 4.1 Mengidentifikasikan siklus hidup dan sistem reproduksi biota air (ikan, kekerangan, krustasea dan rumput laut) | 1.1. Siklus hidup biota air (ikan, kekerangan, krustasea dan rumput laut) 1.2. Sistem reproduksi biota air (ikan, kekerangan, krustasea dan rumput laut) | Mengamati/Membaca · Mencari informasi Siklus hidup biota air · Mencari informasi perkembangan sistem reproduksi biota air · Mengamati sistem reproduksi macam macam biota air Menanya · Diskusi dengan topik siklus hidup sistem reproduksi biota air Mengeksplorasi/ Eksperimen · Melakukan percobaan untuk membuktikan siklus hidup biota air · Melakukan percobaan sistem reproduksi biota air Mengasosiasi · Menganalisis hubungan sistem reproduksi dengan perkembangbiakan biota air Mengkomunikasikan · Menunjukkan organ sistem reproduksi serta fungsinya · Mempresentasikan laporan praktikum | Tugas · Memberikan tugas diskusi dan praktek Observasi · Melakukan pengamatan menggunakan lembar pengamatan hasil diskusi dan praktik tentang siklus hidup dan reproduksi biota air Portofolio · Mengumpulkan hasil diskusi dan praktik tentang fisiologis biota air Tes Melakukan tes lisan atau tertulis dalam bentuk pilihan ganda/isian /uraian singkat/B-S/ menjodohkan | 30 JP | Referensi yang relevan dengan materi |
3.2 Menerapkan prinsip – prinsip ekologi pada budidaya perairan 3.3 Mengolah, menalar, dan menyaji prinsip – prinsip ekologi pada budidaya perairan | 1 Pengertian ekologi 2 Prinsip-prinsip ekosistem perairan 3 Aliran energi, jaring makanan dan rantai makanan 4 Zonasi perairan berdasarkan salinitas 5 Zonasi perairan berdasarkan perolehan cahaya matahari | Mengamati/Membaca · Mencari informasi tentang ekosistem perairan · Mencari informasi tentang aliran energi, jaring makanan dan rantai makanan · Mencari informasi tentang zonasi perairan berdasarkan perolehan cahaya matahari Menanya · Diskusi Peran ekosistem dalam budidaya ikan Mengeksplorasi/ Eksperimen · Menganalisis rantai makanan di perairan · Melakukan percobaan ekosistem perairan pada akuarium Mengasosiasi · Menganalisis hubungan rantai makanan dan jaringan makanan dengan sistem budidaya Mengkomunikasikan · Membuat kesimpulan hasil pengamatan ekosistem perairan · Mempresentasikan laporan praktikum | Tugas · Memberikan tugas diskusi dan praktek Observasi · Melakukan pengamatan menggunakan lembar pengamatan hasil diskusi dan praktik tentang ekosistem pada budidaya perairan Portofolio · Mengumpulkan Data-data tentang ekosistem pada budidaya perairan Tes · Melakukan tes lisan atau tertulis dalam bentuk pilihan ganda/isian /uraian singkat/B-S/ menjodohkan | 30 JP | Referensi yang relevan dengan materi |
Belum ada Komentar untuk "SILABUS Dasar-Dasar Budidaya Perairan"
Posting Komentar