KISI KISI USBN Bahasa Inggris 2013
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kurikulum : 2013 Program : Semua Rumpun
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||
Fungsi Sosial | Struktur Teks | Unsur Kebahasaan | |
Pengetahuan dan Pemahaman • Mengidentifikasi • Menentukan | Peserta didik dapat mengidentifikasi/menentukan aspek-aspek fungsi sosial : ˗ topik/isu/masalah ˗ tujuan/fungsi/pesan ˗ peran dan fungsi pembicara/panulis ˗ peran dan fungsi pendengar/pembaca | Peserta didik dapat mengidentifikasi/menentukan keterkaitan makna antar bagian- bagian dalam teks : ˗ pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama utama paragraf ˗ rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi, ˗ plot, alur pikiran ˗ konteks penggunaan (a.l tempat, waktu, situasi, dsb) | Peserta didik dapat mengidentifikasi/menentukan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini : - persamaan kata, makna frasa - word order - article, demonstrative, possessive - pronoun - agreement dan number - tenses - passive voice - Reported speech - referensi gramatika - kata sambung - preposisi - referensi makna |
Aplikasi • Mengklasifikasi • Menerapkan • Menggunakan | Peserta didik mampu mengklasifikasikan/menerapkan/ menggunakan aspek-aspek fungsi sosial: ˗ topik/isu/masalah ˗ tujuan/fungsi/pesan ˗ sikap/nilai yang diusung | Peserta didik dapat mengklasifikasikan/menerapkan/ menggunakan keterkaitan makna antar bagianbagian dalam teks: ˗ pandangan, maksud, pendapat yang ˗ menjadi ide utama ˗ rincian argumentasi, langkah-langkah, | Peserta didik dapat mengklasifikasikan/menerapkan/ menggunakan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini: - persamaan kata, makna frasa, - makna idiom |
Level Kognitif | Lingkup Materi | ||
Fungsi Sosial | Struktur Teks | Unsur Kebahasaan | |
˗ peran dan fungsi pembicara/penulis ˗ peran dan fungsi pendengar/pembaca | ˗ peristiwa, deskripsi, ˗ plot, alur pikiran ˗ Konteks penggunaan (a.l tempat, ˗ waktu, situasi, dsb) | - word order - sentence order - article, demonstrative, possessive - pronoun - agreement dan number - tenses - passive voice - referensi gramatika - kata sambung - preposisi - modal - kalimat conditional - konstruksi derivative - referensi makna | |
Penalaran • Menganalisis • Menyimpulkan • Memprediksi | Peserta didik dapat menganalisis/menyimpulkan/ memprediski aspek-aspek fungsi sosial: - topik/isu/masalah - tujuan/fungsi/pesan - latar belakang/alasan - akibat/dampak/manfaat - sikap/nilai yang diusung - peran dan fungsi pembicara/penulis - peran dan fungsi pendengar/pembaca | Peserta didik dapat menganalisis/menyimpulkan/ memprediksi keterkaitan makna antar bagianbagian dalam teks: - pandangan, maksud, pendapat yang - menjadi ide utama - rincian argumentasi, langkah-langkah, - peristiwa, deskripsi, - plot, alur pikiran - konteks penggunaan (a.l tempat, - waktu, situasi, dsb) | Peserta didik dapat menganalisis/menyimpulkan/ memprediksi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini: - persamaan kata, makna frasa, - makna idiom - sentence order - tenses (verb) - passive voice - referensi gramatika - kata sambung - preposisi - modal - kalimat conditional - konstruksi derivative - kalimat, frasa, ungkapan, simpulan - referensi makna |
Jenis-jenis teks lisan dan tulisan untuk materi Fungsi Sosial, Struktur Teks, dan Unsur Kebahasaan adalah:
- Teks transaksional/interpersonal lisan/tertulis. (antara lain: suggestion, offering, ordering, asking/giving opinion, past even, intention, congratulating, causeeffect, because of)
- Teks fungsional: letter, announcement, invitation.
- Teks esai: descriptive, procedure, recount, news item, narrative.
Belum ada Komentar untuk "KISI KISI USBN Bahasa Inggris 2013 "
Posting Komentar