Kegiatan Belajar 5. Lampu rem dan lampu mundur
Lampu rem dan lampu mundur
Lampu Rem dan Lampu Mundur
Lampu rem
Gambar 5.2 Rangkaian lampu rem
Sakelar lampu rem ada 2 macam
Sakelar mekanis :
Sakelar hidraulis :
Lampu kontrol rem
Bila ada kebocoran pada sistem rem, permukaan minyak rem akan turun sehingga sakelar menghubung lampu kontrol menyala.
B. Lampu kontrol tekanan minyak rem dengan sakelar hidraulis
Sistem pengereman I dan II masing-masing dilengkapi dengan satu sakelar, yang mempunyai tiga terminal.
D. Lampu kontrol keausan sepatu rem
Sakelar pengontrol dipasang pada sepatu rem piringan bila sepatu rem sudah mencapai ketipisan tertentu lampu kontrol akan menyala.
Pada kendaraan-kendaraan besar (truk) lampu mundur dilengkapi dengan sistem suara.
Kenapa pada kendaraan sedan sistem suara tidak diperlukan ?
Rangkuman
Cari beberapa jenis relai :
1) Identifikasi jenis-jenis saklar rem dan saklar mundur
2) Identifikasi letak/posisi saklar rem dan saklar mundur pada beberapa kendaraan?
Tes formatif
1. Sebutkan fungsi lampu rem!
2. Saklar lampu rem ada dua macam sebutkan!
3. Berapa tekanan miyak rem supaya saklar rem hidrolis bekerja?
4. Jelaskan fungsi lampu kontrol rem yang ada pada penel kemudu!
5. Jelaskan apa kegunaan lampu kontrol permukaan minyak rem !
6. Jelaskan fungsi lampu kontrol tekanan minyak rem dengan sakelar hidraulis!
7. Jelaskan kegunaan saklar kontrol keausan sepatu rem!
Sumber :
Buku Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan, Bab Lampu Rem dan Lampu Mundur
http://gg.gg/lampuremdanmundur
Tujuan Belajar:
- Siswa dapat menjelaskan kegunaan lampu rem dan lampu mundur
- Siswa dapat menjelaskan konstruksi dan cara kerja saklar rem dan saklar mundur
- Siswa dapat menjelaskan kontrol permukaan minyak rem dan tekanan minyak rem
- Siswa dapat menjelaskan Rangkaian lengkap lampu rem dan lampu kontrol rem serta lampu mundur
Lampu Rem dan Lampu Mundur
Lampu rem
Lampu rem berfungsi untuk memberi tanda pada pengendara lain, bahwa kendaraan kita sedang melakukan pengereman.
Lampu rem di atas dapat dilihat dari jauh, meskipun masih ada mobil-mobil diantaranya
Gambar 5.2 Rangkaian lampu rem
Sakelar lampu rem ada 2 macam
Sakelar mekanis :
Sakelar hidraulis :
dipasang pada pedal rem, sakelar menghubung bila pedal rem ditekan dipasang pada silinder utama, sakelar menghubung pada saat tekanan minyak rem sudah mencapai 0,5 – 1,5 bar
Lampu kontrol rem
Terletak pada ruang panel berfungsi untuk memberi tanda pada pengemudi, bahwa ada masalah pada rem hidraulis atau rem mekanis (rem parkir) masih bekerja.
Biasanya satu lampu yang menyala dengan warna merah dihubungkan dengan sakelar-sakelar pengontrol rem mekanis, pengontrol permukaan dan tekanan minyak rem.
Bila ada kebocoran pada sistem rem, permukaan minyak rem akan turun sehingga sakelar menghubung lampu kontrol menyala.
B. Lampu kontrol tekanan minyak rem dengan sakelar hidraulis
Sistem pengereman I dan II masing-masing dilengkapi dengan satu sakelar, yang mempunyai tiga terminal.
- Pada posisi diam (pedal rem tidak ditekan) kontak 87a tidak berhubungan dengan terminal 82a ............ lampu kontrol dan lampu rem tidak menyala.
- Bila tidak terjadi kerusakan pada sistem rem, pada saat pedal rem ditekan lampu rem akan menyala, karena terminal 81 berhubungan dengan 82a.
- Salah satu sistem rem rusak (tekanan minyak rem tidak mencapai 0,5 bar) lampu kontrol menyala.
D. Lampu kontrol keausan sepatu rem
Sakelar pengontrol dipasang pada sepatu rem piringan bila sepatu rem sudah mencapai ketipisan tertentu lampu kontrol akan menyala.
Pada kendaraan-kendaraan besar (truk) lampu mundur dilengkapi dengan sistem suara.
Kenapa pada kendaraan sedan sistem suara tidak diperlukan ?
Rangkuman
- Lampu rem berfungsi untuk memberi tanda pada pengendara lain, bahwa kendaraan kita sedang melakukan pengereman.
- Sakelar lampu rem ada 2 macam
- Sakelar mekanis dipasang pada pedal rem, sakelar menghubung bila pedal rem ditekan
- Sakelar hidraulis dipasang pada silinder utama, sakelar menghubung pada saat tekanan minyak rem sudah mencapai 0,5 – 1,5 bar
- Bila tekanan minyak rem sudah mencapai 0,5 – 1,5 bar membran (2) akan tertekan, membran juga akan menekan kontak sampai berhubungan sehingga lampu rem menyala.
- Lampu kontrol rem berfungsi untuk memberi tanda pada pengemudi, bahwa ada masalah pada rem hidraulis atau rem mekanis (rem parkir) masih bekerja.
- Lampu kontrol permukaan minyak rem dengan saklar mekanis mengontrol bila ada kebocoran pada sistem rem, permukaan minyak rem akan turun sehingga sakelar menghubung lampu kontrol menyala
- Lampu kontrol tekanan minyak rem dengan sakelar mekanis untuk mengontrol kebocoran pada sistem pengereman,jika slah satu saluran minyak rem bocor maka lampu kontrol akan nyala
- Lampu kontrol tekanan minyak rem dengan sakelar hidraulis mengontrol bila ada kebocoran pada sistem rem, permukaan minyak rem akan turun sehingga sakelar menghubung lampu kontrol menyala
- Lampu kontrol keausan sepatu rem sakelar pengontrol dipasang pada sepatu rem piringan bila sepatu rem sudah mencapai ketipisan tertentu lampu kontrol akan menyala.
Cari beberapa jenis relai :
1) Identifikasi jenis-jenis saklar rem dan saklar mundur
2) Identifikasi letak/posisi saklar rem dan saklar mundur pada beberapa kendaraan?
Tes formatif
1. Sebutkan fungsi lampu rem!
2. Saklar lampu rem ada dua macam sebutkan!
3. Berapa tekanan miyak rem supaya saklar rem hidrolis bekerja?
4. Jelaskan fungsi lampu kontrol rem yang ada pada penel kemudu!
5. Jelaskan apa kegunaan lampu kontrol permukaan minyak rem !
6. Jelaskan fungsi lampu kontrol tekanan minyak rem dengan sakelar hidraulis!
7. Jelaskan kegunaan saklar kontrol keausan sepatu rem!
Sumber :
Buku Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan, Bab Lampu Rem dan Lampu Mundur
http://gg.gg/lampuremdanmundur
Belum ada Komentar untuk "Kegiatan Belajar 5. Lampu rem dan lampu mundur"
Posting Komentar